EFEKTIVITAS NHT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTsS

Nurul Azmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di MTsS Asaasunnajaah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain Nonequeivalent Control Group Design, sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk essay dan lembar observasi. Untuk kreativitas menunjukkan nilai pada pertemuan pertama dengan perolehan nilai 62,5% tergolong dalam kriteria “Cukup”. Sedangkan, pada pertemuan kedua yang telah menggunakan model Numbered Head Together ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa lebih meningkat dengan perolehan nilai 84,3% tergolong dalam kriteria “Baik”. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang di MTsS Asaasunnajaah.

Keywords

Numbered Head Together (NHT), Kreativitas, Materi Getaran dan Gelombang.

References

Abdurahim, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Dan Gelombang Dikelas VIII SMP Negeri 9 Tidore Kepulauan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 4(1), 27-53.

Aprilia, A., & Dwandaru, W. (2025). Comparison of cooperative learning types in physics teaching: a short literature review. Revista Mexicana de Física E, 22(1 Jan-Jun), 010216-1.

Bayu, I. G. W., Widiana, I. W., & Yudiana, I. K. (2023). Learning science with numbered heads together (NHT) based on growth mindset improving science literacy and learning agility of elementary school students. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4), 171-180.

Dusalan, D. (2020). Penerapan Penerapan, Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Matriks Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wera Bima. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 2(1), 57-66.

Fauziah, A. N., & Sudibyo, E. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(2), 161-167.

Febrianti, F. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Journal Civics and Social Studies, 3(2), 42-52.

Imam, H., & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 58-66.

Juanta, P., Tanadi, E., Angelin, P., & Parta, T. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Ilmu Komputer dalam Pengembangan Aplikasi. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(3), 597-609.

Mone, M. M., Istikomayanti, Y., & Lathifah, A. S. (2023). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Lesson Study pada Siswa Kelas VIII SMP Sunan Giri Malang (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Putra, P. B. S., & Rahayu, T. S. (2021). Meta analisis pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V tematik muatan pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1082-1089.

Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The effects of type learning model numbered head together and think pair share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19-21.

Rumahenga, T., Kereh, C. T., & Wattimena, H. S. (2025). Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Pembelajaran Flipbook Digital untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Getaran dan Gelombang Peserta Didik Kelas VIII. Polygon: Jurnal Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 01-16.

Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 325-333.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualititatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Sutipnyo, B., & Mosik, M. (2018). The use of numbered heads together (NHT) learning model with science, environment, technology, society (SETS) approach to improve student learning motivation of senior high school. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 26-31.

Yuliani, H., Normilawati, T. A., & Aulia, M. (2021). Advantages and disadvantages of applying the NHT type cooperative learning model physics learning in school. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 55-61.

Zurweni, Z., Kurniawan, D. A., & Triani, E. (2022). A comparative study: Cooperative learning in science learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(1), 115-126.