PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MUTIARA

Makawiyah Makawiyah, Zuraida Zuraida, Salbiah Salbiah

Abstract

Research with the title Application of the Inquiry Learning Model in Biology Scope Material to Improve Learners Learning Outcomes at SMA Negeri 1 Mutiara. This research aims to determine the improvement in learners' learning outcomes through the application of the inquiry learning model to biology scope material at SMA Negeri 1 Mutiara. The population is all learners of class X MIPA SMA N 1 Mutiara consisting of 6 classes with a total of 180 learners. Of the six classes by using a random sampling technique (random method) to determine the experimental class and control class. The data collection technique for this research is a test technique in the form of 25 multiple-choice questions. From the results of data analysis, it was obtained that tcount>ttable was 4.51>1.67 at a significance level of 0.05. Based on these data, the hypothesis formulated, namely that the application of the Inkuri learning model can increase learners ' understanding of learning concepts in biology scope material in class X SMA N 1 Mutiara, can be accepted as true.

Keywords : Inquiry Learning Model, Learning Outcomes, Scope of Biology


References

AB, Suid dkk. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Gerak Dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 16 Banda Aceh.Jurnal Pesona Dasar. Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4.

Ahmad, S. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Aisyah, S. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.Skripsi UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Manajemen penelitian. Jakarta :Rineka Cipta

Bakta, D. 2009. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Edisi 5. Jakarta: Internal Publishing 2009.

Burhanuddin, H. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Volume VI, Nomor 2.

Campbell,N.A.Reece,J. B. 2010. Biologi Jilid 3 Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga

Campbell, B. Reece. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2009. Kurikulum Tingkat Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Eko p. widoyoko. 2011. Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Farndon, J. 2010. Sejarah Dunia. Yogyakarta: Platinum

Fauziah, D. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pkok Bahasan Pasar. Prosiding seminar nasional.

Gulo.2013. Orientasi Program Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta Unesco- Unicef. Depdiknas

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hanafiah, N. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Komalasari. 2010. Pembelajaran Konstektual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Kunandar. 2011. Guru Professional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru : Jakarta Rajawali Press

Kusnadi. 2010. Budaya Masyarakat Nelayan. Jember: Universitas Negeri Jember

Lindawati, S. 2011. Pembelajaran Matetmatika dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP.Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 2, No. 2, Hal:1-10.

Majid, A. 20013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodaskarya

Mujito. 2014. Manajemen Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Setia

Nuryani, R. 2011. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang

Nur’aini. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas Xi Mia 1 Sma Negeri 1 Indralaya.Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 2, Nomor 2.

Nurdin, U. 2008. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar baru

Nurjannah, N. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Kalor. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Prambudi, K. 2010. Model Inkuiri Terbimbing. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Purbowaseso, B. 2004. Pengendalian Kebakaran Hutan. Rineka Cipta. Jakarta.

Ramadhan, A. 2015. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Metro Pusat. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Ratih, Komang K. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 1 Binakarya Buana. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung:Alfabeta.

S, Irma dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika p-ISSN 2252-732X e-ISSN 2301-7651 Vol. 7 No.1.

Saniah, Stdkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone.Jurnal Bionature, Volume 17, Nomor 1.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

____________2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sipangkar, Ydkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. JurnalPendidikan Fisika Vol. 7 No.2.

Soetjipto Kusumo Cokro Aminoto. 2009. UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003. Jakarta: Alfabeta

Sudjana. 2005. Metode Statiska Edisi ke-6:Bandung

Suhara. 2009. Dasar-dasar Biokimia. Bandung: Prisma Press

Sukma dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Volume18, Nomor 1.

Sunariah. Kasmadi. 2014. Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2017.Metode penelitian,kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijono.2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PusakaPelajar

Suryosubroto. 2002. Psikologi Pendidikan. Rajawali: Jakarta

Susanti, D. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Trianto.2007. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

______2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Wahyuni, R dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No 4.

Zuraida. Asma, C N. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 2 Bandar Dua.Universitas Jabal Ghafur, Sigli.