KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR DENGAN MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA DI SMAN 1 DELIMA

Hamdi Hamdi, Zakiah Zakiah, Ilyas Ilyas, Mariati Mariati, Sarah Rizki

Abstract

IPA adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di alam, guru yang hanya menjadikan buku sebagai sumber bahan ajar kurang dapat membantu siswa untuk memahami konsep fisika, dibutuhkan suatu media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang kreatif dan inovatif, Salah satu media interaktif adalah media simulasi PhET (Physics education technology) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep materi hukum dasar kimia disekitar kita pada SMAN 1 Delima. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan One- Group Pretest-Posttest Design. Analisis instrumen tes menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa data Post-test kelas eksperimen memiliki thitung > ttabelĀ  yaitu 9,08 > 1,69. Analisis peningkatan pemahaman konsep dengan skor N-Gain yaitu 0,528 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap pemanfaaatan bahan ajar dengan media simulasi pada siswa di SMA Negeri 1 Delima.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Media Simulasi, Pemahaman konsep

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan & Liliasari. 2012. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan. 31(2): 185-199.

Darwanto. 2007. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Maha, Ramly. 2007. Rancangan Pembelajaran Desain Instruksional. Banda Aceh: Yayasan Pena & Ar-Raniry Press

PhET Interaktif Simulations (https://phet.colorado.edu/in/) (Diunduh 15 Maret 2023)

Sadjati, Ida Malahayari (2012). Hakikat Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arief, dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatanya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.

Sahin, S. 2006. Computer Simulation In Science Education: Impication for Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education.7(4):132-146.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sungkono. 2009. Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses