Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan pada Generasi Muda

Ahmad Habin Sagala, Galih Orlando, Fauzi Ahmad Syawaluddin, Jailani Syahputra Siregar, Rendi Fitra Yana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan pada generasi muda. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam pendidikan lingkungan untuk menjawab tantangan ekologi yang semakin mendesak. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: Bagaimana Pendidikan Agama Islam dapat berkontribusi dalam membentuk sikap dan tindakan ramah lingkungan pada generasi muda? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap siswa sekolah menengah di beberapa lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler dapat secara signifikan meningkatkan kesadaran dan tindakan pro-lingkungan di kalangan siswa. Temuan ini diperkuat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam program-program pelestarian lingkungan seperti penghijauan dan pengelolaan sampah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki potensi besar dalam membentuk generasi muda yang peduli terhadap lingkungan, melalui pendekatan holistik yang menggabungkan aspek spiritual dan praktis dalam pendidikan. Penulis berargumen bahwa penguatan kurikulum PAI dengan muatan lingkungan dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung keberlanjutan ekologi di masa depan.

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam; Kepedulian Lingkungan; Generasi Muda; Pelestarian Lingkungan; Kurikulum.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aini, Q. (2020). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Pendidikan Lingkungan. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 4(3), 210-225. https://doi.org/10.35568/jsep.v4i3.2020

Al-Ghazali, M. (2020). Integrating Islamic Values in Environmental Education. Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1775665

Amin, A. (2021). Challenges in integrating environmental issues into Islamic Religious Education. Journal of Curriculum Studies. https://doi.org/10.1080/00220272.2021.1888423

Azizah, N. (2019). Implementasi Program Lingkungan Berbasis Nilai-nilai Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 45-58. https://doi.org/10.26740/jpp.v8n1.2019

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Pearson.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Hapsari, D. (2018). Kebijakan Hijau di Sekolah dan Dampaknya terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 10(2), 67-79. https://doi.org/10.21831/jk.v10i2.2018

Hartati, S. (2020). Kebijakan Pendidikan dalam Integrasi Isu Lingkungan ke dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 12(3), 201-215. https://doi.org/10.21831/jk.v12i3.2020

Hidayatullah, M. (2018). Islam and Environmental Conservation. Islamic Studies Review. https://doi.org/10.1080/17441342.2018.1532775

Izzi Dien, M. Y. (2000). The Environmental Dimensions of Islam. Lutterworth Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Nasr, S. H. (2010). Islam and the Environmental Crisis. Harvard University Press.

Nugraha, R. (2019). Integrating environmental education in the Islamic school curriculum in Indonesia. Educational Research International. https://doi.org/10.1155/2019/5692361

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publications.

Rahman, A. (2017). Pendidikan Interdisipliner dalam Mengajarkan Konservasi Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 201-215. https://doi.org/10.17509/jip.v15i3.2017

Sahin, M. (2018). The impact of religious education on environmental awareness among students in Turkey. Journal of Environmental Education. https://doi.org/10.1080/00958964.2018.1439509

Susanto, E. (2019). Pengembangan Profesional Guru untuk Pendidikan Lingkungan dalam PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 85-98. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.85-98

Suratman, S. (2017). Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Nilai-nilai Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123-135. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i2.2017

Wahyudi, R. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pendidikan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 6(2), 45-58. https://doi.org/10.21009/jpl.062.08

Yulianto, A. (2019). Pendidikan Lingkungan melalui Program Daur Ulang di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 8(1), 123-134. https://doi.org/10.17977/jptpp.v8i1.2019