TELAAH KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 GADINGREJO KELAS IX BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN
Abstrak
Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan permasalahan pada sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks pidato persuasi. Teks pidato persuasive perlu diajarkan kepada siswa, karena bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi dan memberikan kedekatan emosi positif yang dapat memotivasi pendengar (siswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks pidato persuasif berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan serta ejaan bahasa Indonesia pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Gadingrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini didapat dari hasil tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 75 orang yang terdiri atas kelas IX A, IX B. dan IX C. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa yang memiliki kemampuan tergolong sangat baik ada 4 siswa, baik 12 siswa, cukup 26 siswa, dan kurang 33 siswa. Simpulan penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa tergolong cukup.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Pidato PersuasifTeks Lengkap:
PDFReferensi
Abbas. (2022) ‘Ersis Writing Theory: Cara Mudah Menulis’. Program Studi Abbas, E. W. (2022). Ersis Writing Theory: Cara Mudah Menulis’. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, 1-191.
Abdullah, B. (2020). Makna Pembelajaran dalam Pendidikan: (The Meaning of Learning in Education). Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. V(1), 94-101.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. 1-412.
Bastian, M. R. H. (2021). Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Pidato Pesuasif Karya Siswa Kelas IX MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Jurnal Pendidikan, 1-85.
Derana, G. T., & Zahra, A. S. (2021). Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia pada Penulisan Proposal Kegiatan Peserta Didik Kelas Xi IPS SMA Negeri 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 265-272.
Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.
Herdianti, Devi. (2018). Korelasi Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Berbicara. Jurnal Pendidikan, 1-60.
Lubis, M. S. (2018). Struktur Penulisan Teks Pidato Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan: Kajian Retorika. Jurnal Education and Development, 4(2), 66-66.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243-252.
Maolani, R. A., & Cahyana, Ucu. (2016). ‘Metodologi Penelitian Pendidikan’. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 1(2), 1-197.
Nurhadi. (2016). ‘Bagaimana Menulis: handbook writing’. Kaifa Leraning, 1-489.
Pitaloka, P. D. A. (2019). Kealpaan Struktur Kalimat dalam Keterampilan Menulis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA). 3(2).
Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121-135.
Saputra, E., Saleh, M., & Emma, M. H. (2020). Gaya Bahasa Teks Pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Sungguh, As’ad. (2018) ‘Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah’.Jakarta: Bumi Aksara. 1-387.
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294.
Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong Tugas Resume Ujian Akhir Semester (UAS). Jurnal Pendidikan.
Syafitri, E. R., & Nuryono, W. I. R. Y. O. (2020).Studi Kepustakaan Teori Konseling Dialectical Behavior Therapy. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 11, 53-59.
Wijayanti, L. G. L. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX B Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 3(1), 9-9.