Efektivitas Penggunaan Musik Terhadap Penurunan Anxiety Mahasiswa Olahraga Tingkat Akhir

Yanyan Susilawati, Nurlan Kusmaedi, Sandey Tantra Paramitha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan musik dalam mengurangi tingkat kecemasan pada mahasiswa olahraga tingkat akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan bantuan aplikasi Survey Monkey, dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan adalah ZSAR-S (Zung Self Anxiety Rating Scale). Data diperoleh dari 370 responden mahasiswa olahraga tingkat akhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa 48% dari responden mengalami gejala fisik seperti pusing, 8,11% mengalami gejala sosial seperti mudah marah dan panik, dan 43,24% mengalami kesulitan tidur. Namun, penelitian menemukan bahwa penggunaan musik efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan pada mahasiswa olahraga tingkat akhir. Temuan ini menyoroti potensi musik sebagai intervensi yang bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan mental mahasiswa olahraga tingkat akhir, serta pentingnya memperhatikan aspek kesehatan mental dalam konteks pendidikan olahraga.

Kata kunci: Musik, Anxiety, Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anindya Lestari, R., Sukardi, R. R., Kayla Cahyadi, M. C., & Maulana Febrian, Y. (2023). Studi Kasus Komparasi Genre Musik Metal Dan Instrumental Terhadap Persepsi Apresiator. Jurnal Inovasi Global. https://doi.org/10.58344/jig.v1i1.1

Arafat, M. Y. (2021). Musik Pesantren Perspektif Etnografis. Jurnal Religi : Studi Agama-Agama.

Etika, N., & Hasibuan, W. F. (2016). Deskripsi Masalah Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi.

KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling.https://doi.org/10.33373/kop.v3i1.265

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang Di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8463

Kaparang, G. F., & Gayo, M. (2020). Preferensi Musik Dan Kecerdasan Emosi Mahasiswa Profesi Ners Universitas Klabat. Nutrix Journal. https://doi.org/10.37771/nj.vol4.iss1.422

Muhlisin, M., Paramitha, S. T., Purnama, Y., Qomarullah, R., & Ramadhan, M. G. (2021). Sport of Policy Analysis and Evaluation: a Systematic Literature Review. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 5(1), 76–90. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i1.1677

Nashori, F., Azkia Rakhmandari, R., Winarni Wahid, A., Yunita Setiyani, R., Musa, M., & Faza Akhnaf, A. (2022). Schizophrenia Informal Caregivers Optimism: The Effectiveness Of Quran Recitation Listening Therapy. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi). https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol14.iss2.art4

NurCita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Dan Physical Distancing Pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Journal of Borneo Holistic Health.

Perkasa, I., Purwantono, P., & Wulansari, R. E. (2022). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek). https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.467

Rohmansyah, N. A. (2017). Kecemasan Dalam Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas.

Soegiyanto, Setiawan, I., Abdulazis, M. F., Dharmawan, D. B., & Parista, S. V. (2019). Analisis Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Dalam Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Atlet. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Supriyono, S., Romaisyah, L., & Mawardi, A. I. (2019). Analisis Pengaruh Stres Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis). https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.57