KEGAGALAN INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM INOVASI PENDIDIKAN ; TELAAH KRITIS APLIKASI DIGITAL (APK DAN WEB) UNTUK PNS GPAI SMA/SMK DI JAWA TIMUR

Muhammad Faishol, Rukhaini Fitri Rahmawati, Muchsin Muchsin

Abstrak

Kebijakan penerapan aplikasi digital seringkali menghadapi berbagai masalah dan hambatan, bahkan ada kasus dimana implementasinya berakhir dengan kegagalan. Sebagai bukti, banyak aplikasi digital yang telah dibangun hanya digunakan dalam waktu beberapa tahun saja, setelah itu tidak lagi aktif. Bahkan lebih serius lagi, dengan banyaknya aplikasi digital yang diperkenalkan, pekerjaan yang seharusnya menjadi lebih sederhana dan efisien, justru menjadi lebih rumit dan membingungkan. Penelitian ini menjadi sangat penting untuk dilakukan dengan beberapa tujuan utama. Pertama, untuk mengevaluasi anggaran pemerintah dalam menerapkan aplikasi digital (baik berupa aplikasi seluler maupun situs web) yang seringkali mencapai angka yang sangat besar. Kedua, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat integrasi aplikasi digital oleh pemerintah pusat dan daerah, sehingga pelaksanaannya bisa menjadi lebih efektif dan lancar. Penelitian ini fokus pada penyelidikan faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan dalam mengintegrasikan aplikasi digital (baik aplikasi seluler maupun situs web) PNS GPAI di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan wilayah Jawa Timur. Kualitatif menjadi pendekatan pada penelitian ini. Data dari observasi dan pengamatan berkas-berkas yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan dalam pengembangan aplikasi digital (baik aplikasi seluler maupun situs web) dalam beberapa aspek, yaitu: a) Faktor organisasi b) Faktor sumber daya manusia c) Faktor teknologi d) Faktor layanan e) Faktor proses. Dengan memahami faktor-faktor ini, diharapkan pemerintah pusat dan daerah bisa mengambil langkah strategis dalam mengimplementasikan aplikasi digital, sehingga keberhasilannya dapat ditingkatkan dan kegagalan dapat dihindari.

Kata Kunci

Kegagalan Integrasi, Aplikasi Digital, PNS GPAI SMA/SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

M. Zed, Metodologi Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.

Krippendorff, Content Analysis Content Introduction to its Methodology, California: Thousand Oaks, 2004.

R. Heeks, "Health information systems: failure, success and improvisation," International Journal of Medical Informatic, vol. 75, no. health information systems, pp. 125-137, 2006.

F. D. Davis, "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology," MIS Quarterly, vol. 13, no. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, pp. 319-340, 1989.

J. Danandjaja, "Metode penelitian kepustakaan," Jurnal Antropologi Indonesia, vol. 52, no. http://journal.ui.ac.id/index.php/jai/article/view/3318, p. 52, 1997.

P. P. P. Jack J. Phillips, The Value of Innovation: Knowing, Proving, and Showing the Value of Innovation and Creativity, New York: Wiley-Scrivener, January 2018.

E. Sutrisno, Manejemen Sumberdaya Manusia, Jakarta: Kencana, 2016.

F. Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineke Cipta, 2005.

R. E. F. James A.F. Stoner, Management, Jakarta: Intermedia, 1994.

A. Daromo, "Integrasi Informasi Pemerintahan: Analisis Intitusional Komoaratif," in Prosiding SENTIA, 2016.

Wrigstone, Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum, 1956.

L. d. H. C. Kelsey, Coperative Extension, New York: Comstock Publishing Associates, 1963.

A. P. Munthe, "Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan," in UPH Workshop untuk Mahasiswa tentang Penelitian, Jakarta, 23 Juni 2015.

M. Hajaroh, "Pohon Teori Evaluasi Kebijakan Dan Program," Foundasia, Vol IX No.1 , vol. IX, no. Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan, p. 1, 2018.

Asan, Ria Andriani, "Evaluasi Sistem Informasi Menggunakan Technology," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 7, no. ACCEPTANCE MODEL, pp. 531-538, 2020. Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61