Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa SMAN 2 Tondano pada materi sistem klasifikasi makhluk hidup sebesar 75%, karena siswa kesulitan memahami materi yang diberikan guru. Jadi model pembelajaran PBL merupakan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar biologi materi sistem klasifikasi makhluk hidup siswa kelas X SMAN 2 Tondano. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen penelitian ini berupa tes. Subjek penelitian ini ialah 57 siswa SMAN 2 Tondano. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Tondano.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Assidig, A. K. (2008). Pusat Kurikulum Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/Mi, SMP/Mts, dan SMA. Yogyakarta: Panji Pustaka.
Boediono. (1994). Pelaksanaan Proes Belajar Mengajar Pendidikan Dasar Berdasarkan Kurikulum 1994 (1 ed.). Jakarta: Balai Pustaka.
Darmayanti, I., Fitri, R., & Syamsurizal. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Aspek Kognitif dan Psikomotor. Bioma, 4(2), 18–25.
Jagantara, I. W. M., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13.
Mahendradhani, G. A. A. R. (2021). Problem Based Learning di Masa Pandemi. (Ida Bagus Weda Wigena, Ed.) (1 ed.). Bandung: Nilacakra.
Mudjiono, dan D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin Syah dalam Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Prawoto. (1993). Studi Lapangan Ipa. Jakarta: Karunika.
Utami, R. A., Giarti, S., Jurnal, P., Tindakan, P., Pembelajaran, P., Jurnal, P., … Hal, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd Pendidikan di Indonesia sudah Elementary Clasification ( memberikan Advance Clarification ( memberikan penjela, 3, 1–8.
Weno.I.H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.