PENGARUH PENGGUNAAN FLITAR (FLIPBOOK SENI TARI) BERBASIS TARI BEDHAYA TUNGGAL JIWA TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA KELAS V DI SDN NGALURAN 2

Bunga Dini Ambarinanti, Much Arsyad Fardani, Nur Fajrie

Abstrak

Flitar (Flipbook Seni Tari) adalah sebuah buku digital yang dapat diakses dari internet menggunakan banyak perangkat. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan kurangnya kemampuan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran yang mengakibatkan siswa cenderung diam ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan flitar (flipbook seni tari) berbasis tari bedhaya tunggal jiwa terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas v di SDN Ngaluran 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas V SDN Ngaluran 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis  uji statistik Deskriptif. Hasil dari uji statistic deskriptif angket kreativitas siswa dan respon siswa terhadap Flitar (Flipbook Seni Tari) di kelas V SDN Ngaluran 2 menunjukkan adanya peningkatan. Anget kreativitas siswa menunjukkan nilai rata-rata 89,5 sedangkan angket respon siswa terdahap Flitar (Flipbook Seni Tari) menunjukkan nilai rata-rata 90,2. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan flitar (flipbook seni tari) berbasis tari bedhaya tunggal jiwa berpengaruh terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas V di SDN Ngaluran 2

Kata Kunci

Flitar (Flipbook Seni Tari), Tari Bedhaya Tunggal Jiwa, Kemampuan Kreativitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amalia Ulfa, N., Fakhriyah, F., & Arsyad Fardhani, M. (2020). Model Mind Mapping Berbantuan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Article Info. Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Edubasic

Brenda, R., 1?, S., Budiono, H., Guru, P., Dasar, S., Jambi, U., Kunci, K., Pengembangan, :, & Ajar, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Web Pada Muatan Ipa Di Sekolah Dasar. In Journal Of Education Research (Vol. 4, Issue 3).

Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153. Https://Doi.Org/10.25273/Jipm.V10i2.9108

Indah Kurniawati, A., Arsyad Fardani, M., Ardana Riswari, L., & Guru Sekolah Dasar, P. (N.D.). Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Budaya Lokal (Mobukal) Terhadap Pemahaman Konsep Budaya Peserta Didik Kelas Iv. Www.Ejournal.Almaata.Ac.Id/Literasi

Kironoratri, L., Bakhruddin, A., Fardani, Much. A., & Ardianti, S. D. (2023). “Emopuan” Berbasis Keunggulan Lokal Pati Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 788–803. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i3.849

Kumala, W. S., 1?, S., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa Dalam Pembelajaran Project Based Learning Pada Kelas Iv Sd 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda, 6(1).

Mandala Putri, R., Wanabuliandari, S., Much Arsyad Fardani, Dan, & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F. (N.D.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Mi Tarbiyatul Islamiyah Didesa Winong (Vol. 9).

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071.

Nurluthfiana, F., Dwi Saputra, A., Ayu Aulia, N., Fajrie, N., & Dwi Ardiyanti, S. (2023). Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Kerajinan Kain Flanel Pada Teori Kontruktivism. 2.

Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7.

Redaksi, D., Terakhir, D., Online, D., Umami, J., & Prayogo, M. S. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Modul Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Tingkat Sekolah Dasar. Awwaliyah: Jurnal Pgmi, 4.

Riyanti, A., Fardani, Much. A., & Fajrie, N. (2023). Proses Kreasi Seni Tari Sebagai Ekspresi Diri Anak Sd Negeri Wotan 02 Desa Wotan Kabupaten Pati. Islamika, 5(2), 643–656.

Sains Riset, J., Anjarwati, A., Matsusitha, D., Nahwa Farihah, F., Dewi Hanafi, K., Fitriyah, L., & Maryam, S. (2023). Penerapan Direct Instruction Model Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Mangunharjo 12 Melalui Media Puzzle.

Sains Riset, J., Mongkol, S. H., Kumesan, S. L., & Maukar, M. G. (2024). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Lerarning Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga Kelas Vii Smp Negeri 3 Poigar.

Salsabila, K. R., Fajrie, N., & Ermawati, D. (2023). Respon Siswa Sd Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(1), 372–378.

Setyaningrum, I. S. (2022). The Analisis Of Islamic Value In Bedhaya Demak Dance. 2(1), 1–16.

Utari, W. M., Gunada, I. W., Makhrus, Muh., & Kosim, K. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2724–2734.

Zulfatin Nihayah, A., Fakhriyah, F., & Arsyad Fardhani, M. (2019). Model Pembelajaran Ctl Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd Article Info. In Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2).