PENGEMBANGAN KURIKULUM PAK USIA DEWASA AKHIR PADA PTKK
Abstrak
Kurikulum PAK di PTTK belum ada secara khusus tentang PAK Usia Dewasa Akhir. Selain itu, gereja belum memberi ruang pelayanan khusus kepada kelompok usia dewasa akhir karena kekuarangan tenaga terdidik. Keluarga, anak-anak, remaja, pemuda dan masyarakat umum kurang pemahaman terhadap kelompok usia dewasa akhir, sehingga mereka belum tepat dalam bersosialisasi dan menempatkan kelompok usia dewasa akhir dalam kehidupan mereka. Kenyataan ini menjadi perhatian bagi PTKK, untuk melakukan pengembangan kurikulum PAK Usia Dewasa Akhir guna menjawab kebutuhan tersebut. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan studi pustaka, melalui literatur, jurnal dan hasil riset yang relevan guna memberikan pemikiran-pemikiran evaluatif yang rekonstruktif kepada para praktisi, dosen, pimpinan PTKK dan pemerintah terkait dalam hal ini Direktorat Jenderal Bimas Kristen bagi pengembangan kurikulum PAK Usia Dewasa Akhir. Kesimpulan dari kajian ini adalah: Pengembangan kurikulum PAK Usia Dewasa Akhir sesuai dengan prinsip-prinsip dan landasan-landasan yang kuat; Konten Mata Kuliah PAK Dewasa di PTKK bersifat universal dan belum mengkaji secara mensalam dan spesifik tentang dewasa akhir; Usia Dewasa Akhir adalah kelompok usia yang khusus, dan berbeda dari kelompok usia dewasa awal dan menengah. Oleh karena itu, usia dewasa akhir sudah seharus menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum; dan Pengembangan PAK Usia Dewasa Akhir pada PTKK perlu dilakukan untuk mendidik calon sarjana yang terlatih dalam bidang pelayanan dan pendidikan kepada orang usia dewasa akhir.
Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, PAK Usia Dewasa Akhir, PTKKTeks Lengkap:
PDFReferensi
Adhieary, (2012). Makalah Karakteristik orang Dewasa dan lansia. Diakses dari Internet pada https://makalahdanlainnyadhieary.blogspot.com/2012/11/makalah-karakteristik-orang-dewasa-dan_11.html
Bengtson, V., Endacott, C., & Kang, S., (2018). Journal. Older adults in churches: Differences in perceptions of clergy and older members. Journal of Religion, Spirituality & Aging, 30(2), 154–178. DOI: 10.1080/15528030.2017.1414727
Craig, Yvonne, (1994). Learning Fo Life: A Handbook of Adult Religious Education. London: Mowbray A Cassel Imprint.
GP, Harianto, (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Groome, H. Thomas, (2020). Christian Religious Education (Pendidikan Agama Kristen-Bergabi Cerita dan Visi Kita). Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Ismail Andar, (2019). Ajarlah mereka melakukan (Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen). Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Knapp, J. L., & Elder, J. (2002). Infusing gerontological content into theological education. Educational Gerontology, 28 (3), 207–217. DOI: 10.1080/036012702753542517
Kopeuw, Pilipus., (2023). Pengembangan PAK Lanjut Usia di GPdI Wilayah Sentani. Disertasi. IAKN Manado.
Kristianto, Paulus, Lilik., (2008). Prinsip dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Ondi Offset.
Kristiawan, Muhammad, (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bengkulu: Unit Penerbit dan Publikasi FKIP Universitas Bengkulu.
Mappriare, Andi, (1983). Psikologi Orang Dewasa. Surabaya: Usaha Nasional.
Nuhamara, Daniel, (2008). Pendidikan Agama Kristen Dewasa. Bandung: Jurnal info Media.
Pazmino, W. Robert, (2018). Fondasi Pendidikan Kristen.Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Purba, Asmat, (2015). Kurikulum Pemuridan di Perguruan Tinggi. Jurnal TEDC Politeknik Bandung Volume.9 No.3 September 2015.
Ramsey, J. (2011). Journal. Increased perspectives, imaginative paradigms: What seminarians need and want to learn about aging in a seminary. Journal of Religion, Spirituality & Aging, 23(1-2), 33–49. DOI: 10.1080/15528030.2011.533352.
Rukin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sidjabat, B.S, (2014). Pendewasaan Manusia Dewasa: Pedoman Pembinaan Warga Jemaat Dewasa dan Lanjut Usia. Jawa Barat: Kalam Hidup.
Tim Penyusun, (2002). Memperlengkapi bagi Pelayanan dan Pertumbuhan: Kumpulan Karangan Pendidikan Kristiani dalam Rangka Penghormatan kepada Pdt. Prof. Dr. Robert R. Boehlke. Jakarta: BPK Gunung Mulia.