PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERAMAH BERBASIS INTERNET BAGI SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA

Muhammad Dahlan

Abstract

Pendidikan di era digital memerlukan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi. Media pembelajaran menjadi kunci penting dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks ceramah berbasis internet dan mengukur keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan Research and Development (R&D) yang melibatkan tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, uji coba, dan evaluasi. Instrumen penelitian melibatkan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba lapangan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kelas XI membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis teks ceramah, serta memanfaatkan teknologi internet yang menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka. Media pembelajaran yang dikembangkan melibatkan modul interaktif, video tutorial, dan latihan online untuk memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh. Uji coba lapangan dilakukan di sebuah sekolah menengah atas dengan melibatkan siswa kelas XI. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks ceramah pada kelompok yang menggunakan media pembelajaran berbasis internet dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah siswa. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi internet dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan zaman. Media pembelajaran ini dapat diadopsi oleh guru sebagai salah satu strategi pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di era digital.

Kata Kunci : media pembelajaran, teks, ceramah, internet.

References

Sari, L. K., Siddik, M., & Mulawarman, W. G. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18

Nurasiah, D., Khuzaemah, E., & Mulyaningsih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Berbasis Internet Bagi Siswa Kelas XI. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(2), 151-170.

Ningrum, M., & Rabiah, S. (2022). Model Konstruktivistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ceramah Siswa. Journal of Language and Literature, 2(2), 180-187.

Ranabumi, R., Rohmadi, M., & Subiyantoro, S. (2017, June). Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 5 Kediri. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Nengsih, W., Atikah, N., & Suhara, A. M. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP MENULIS TEKS CERAMAH PADA SISWA SMA. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 333-338. https://doi.org/10.22460/p.v2i3p333-338.2777

Nabilah, H., & Faznur, L. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Ceramah Bertema Lingkungan Sosial Berbasis Lectora Inspire. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 439-450. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.433

Setiawati, T., Prameswari, J. Y., & Agustin, Y. (2021). Penggunaan Bahasa Tidak Baku pada Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMK Kharismawita dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. ALEGORI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 51-59. https://doi.org/10.30998/.v1i1.3817

Pratama, M. H. B. (2021). Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(1), 17-28. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.416