Analisis Strategi Pengembangan Pasar Induk Agrobis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo

Sephia Nurlista Putri, Ananta Prathama

Abstrak

Didirikannya Puspa Agro ini diharapkan mampu menjadi tempat transaksi jual beli yang berbasis agro serta mampu membantu menjual hasil pertanian daerah Sidoarjo, untuk meningkatkan nilai tambah dan Pendapatan petani, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Timur. Namun, dalam kenyataanya berbanding terbalik dengan tujuan didirikannya. Permasalahan tersebut memotivasi penulis untuk memberikan strategi yang cocok dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT sendiri merupakan teknik menemukan strategi yang dilihat dari empat sudut pandang yaitu strengths, weaknesess, opportunities, dan treaths. Peneliti melakukan analisis SWOT dengan menggunakan metode kualitatif melaui pendekatan deskriptif. Hasil strategi yang didapat untuk mengembangkan Pasar Induk Puspa Agro melalui analisis SWOT berdasarkan empat strategi diambil satu strategi yang paling tepat untuk membantu perkembangan Pasar Induk Puspa Agro yaitu meningkatkan inovasi dalam mengatur sistem penjualan produk agro dengan cara membuka web untuk melakukan transaksi secara online lewat jejaring media sosial serta melakukan inovasi dengan menambah jumlah produk agro agar lebih beragam.

Kata kunci: Analisis SWOT, Pasar Induk Agrobis Puspa Agro, Pengembangan, Strategi

Kata Kunci

Analisis SWOT, Pasar Induk Agrobis Puspa Agro, Pengembangan, Strategi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anggreani, T. F. (2021). FAKTOR-

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWOT : STRATEGI PENGEMBANGAN SDM , STRATEGI BISNIS , DAN STRATEGI MSDM ( SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA ). 2(5),

–629.

Huddin, M. (2021). Volume 2, No, 1Februari 2021. 2, 94–111.

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 1, 2 1,2. 9(November), 805–809.

Isamuddin, I., Faisal, F., Maisah, M.,70

Kusumawati, N. F. (2021). ANALISIS RANTAI PASOK PEPAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATANAN Agrimas

, Desember 2021 , Volume 5 Nomor 2.

, 103–111.

Luthfiyah, A., Djamhur, F., Melinda, R., Rasyid, Y., Mustika Putri, A., Studi Akuntansi, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Muhammadiyah Riau, U. (2021). Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Manajemen Strategi Pada UMKM (Studi Usaha Jahit Pani di Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3033–3041. https://jptam.org/index.php/jptam/arti cle/view/1337

Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). Global Health, 167(1), 1–5. https://doi.org/10.31933/JIMT

Nizar, G. M., & Muhtadi, A. (2022).

Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal dan Fasilitas Keselamatan Jalan di Simpang Kletek – Sawunggaling Taman Sidoarjo. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi),

(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n

p1-6

Normalia, E., Harahap, A. S., & Munthe, S. (2023). Strategi Pengembangan

Hakim, L., & Anwar Us, K. (2021). Modal Dan Pemasaran Industri Guci

Implementasi

Manajemen Analisis Swot Pada

Strategik Dalam (Studi Kasus Toko Makmur Jaya,

Pasar V Tanjung Beringin).

Perencanaan Peningkatan Mutu INTERNATIONAL SEMINAR ON

Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah ISLAMIC STUDIES (Vol. 1, No. 1,

Nurul Islam Muara Bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1034–1050. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.7

pp. 179-192)., 1(2), 182.

https://prosidingsahabinjai.com/index. php/intersis/article/view/27/18

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020).

Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516