HUBUNGAN ANTARA CINTA DENGAN LOVE LANGUAGE PADA MAHASISWA PSIKOLOGI YANG SEDANG BERPACARAN

Florentina Jaqualine Kojongian, Meike E. Hartati, Sinta E. J. Kaunang

Abstrak

Maksud dari studi ini yaitu bagaimana memahami hubungan antara cinta dengan love languages yang ada pada mahasiswa yang sedang menjalin hubungan asmara atau berpacaran. dalam penelitian ini menggunakan alat ukur yaitu "The Sternberg Triangular Love Scale" yang didasarkan pada konsep komponen cinta dari Sternberg (1997), & skala "The Love Language" berdasarkan teori Chapman (2010). Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan cross – sectional. Sampel didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 122 responden. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa komponen-komponen cinta, yakni kedekatan (Intimacy), gairah (passion), dan komitmen (commitment), memiliki hubungan yang signifikan dan bersifat positif dengan love language. Hal ini memunjukan bahwa hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara cinta dengan love language pada mahasiswa Psikologi dapat diterima.

Kata kunci: Cinta, Komponen cinta, Love language

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Peneliti Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revis VI. Jakarta: PT Rineka Cipta

Baron, R.A. & Byrne, D. 2005. Social Psychology: Jilid 2, Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa: Ratna Juwita, dkk. Jakarta: Erlangga

Chapman, G.D. 2010. The 5 Love Languages: The Secret to Love That Last. Chicago: Northfield Publishing

Chapman, G.D. 2015. The Five Love Languages, The Secret to Love That Lasts. Chicago: Northfield Publishing

Dariyo, A. 2003. Psikologi Pengembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT. Grasindo Widia Sarana Indonesia

DeGenove, M.K. 2008. Intimate Relationship, Marriages & Families (seventh edition). New Tork: McGraw-Hill

Sternberg, R.J. 2004. A Triangular Theory of Love. In Close Relationships: Key Readings. https://doi.org/10.4234/9780203311851

Strongman, K.T. 2003. The Psychology of Emotions: From Everday Life to Theory (Fifth Edition). New Jersey: Jhon Wiley & Sons

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta