Analisis Dampak Perilaku Remaja Pengguna Aplikasi TikTok Di Kelurahan Sario Kota Manado

Meifi Stefani Tamalonggehe, Tellma M Tiwa, Sinta E. J. Kaunang

Abstrak

Teknologi telah berkembang dan memunculkan banyak inovasi seperti internet dan berbagai aplikasi media sosial dengan fitur yang berbeda-beda. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah aplikasi TikTok. Penggunaan aplikasi TikTok secara terus-menerus dapat berdampak pada perilaku remaja. Remaja mengalami pertumbuhan yang pesat dan menerima banyak informasi baru sehingga remaja selalu antusias untuk mencoba hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perilaku remaja pengguna aplikasi TikTok di kelurahan Sario, kota Manado. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat empat dampak perilaku yang muncul pada remaja pengguna aplikasi TikTok di kelurahan Sario kota Manado yaitu, kecenderungan kecanduan, perilaku konsumtif, waktu istirahat terganggu dan kecenderungan menunda pekerjaan.

Kata kunci: Dampak perilaku, Remaja, Aplikasi TikTok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Bohang, F.K. (2018, Juli 5). TikTok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia.

Fazrin, A. (2020). Selama Pandemi, Pengguna TikTok Meningkat.

Keles, B., McCrae, N., & Grealish, A. (2020). A Systematic Review: The Influence of Social Media on Depression, Anxiety and Psychological Distress in Adolescents. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 79-93.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbitan PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Nur, A. S. & Arnasik, A. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomu Universitas Siliwangi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekoomi. Vol.2 No.1. 1-13.

Nuraisyah. (2022). TikTok Merusak Akhlak Generasi Muda.

Nurmala, M.D., Afrizal, S., Wibowo, T.U.S.H. (2022, Mei). Dampak Penggunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa. Hermeneutika, 8, 1-12.

Nusantara, C. (2017). Peran Media Sosial Untuk Peningkatan Kreativitas. Jurnal Kewarganegaraan. Vol.1 No.2.

Omar, B., &Dequan, W. (2020). Watch, Share or Create: The Influence of Personality Traits and User Motivation on Tik Tok Mobile Video Usage. International Association of Online Engineering, 121-137.

Pamuk, M., Tan, C., & Donder, A. (2013). Loneliness and Internet Addiction of Polish Adolescents. Psychiatry Psychology Clinis, 17(2), 104-110.

Purnama, H. (2011). Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana. 107-124.

Santrock, J.W. (2007). Adolescence [Remaja] (Jilid 2) (Alih Bahasa: B. Widyasinta) Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E.P. (1990). Health Psychology. Singapore: John Wiley and Sons.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Tuffour, I. 2017. A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualtative Research Approach. Journal of Healthcare Communications. Vol. 2 No.4, Juli 2017.

Wisnuadi, Krisno. (2022, Juni 27). Data Statistik Jumlah Pengguna TikTok.

Woran, K., Kundre, R.M., & Pondaag, F.A. (2020). Analisis Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja. E-Journal Keperawatan. Vol.8 No.2. 1-10.