Pola Pembinaan Prestasi Olahraga Usia Dini Pada SD Negeri 2 Percontohan Tijue

Amirzan Amirzan

Abstrak

Dukungan seluruh unsur yang terkait dalam pengembangan prestasi siswa di sekolah dipandang sebagai suatu hal yang sangat penting dalam program peningkatan prestasi olahraga usia dini di sekolah, dengan penyelenggaraan pembelajaran PJOKyang berfungsi untuk mengembangkan potensi fisik siswa yang mengarah kepada pembinaan aspek psikomotor, karena semua akan bermuara dan bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan potensi kemampuan berolahraga yang ia miliki. Penelitian yang berjudul Pola Pembinaan Prestasi Olahraga Usia Dini Pada SD Negeri 2 Percontohan Tijue bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pembinaan prestasi olahraga usia dini di sekolah, dan bagaimana peran guru bidang studi, karyawan dan Kepala Sekolah dalam membina prestasi olahraga di sekolah. Penelitian yang menentukan sampel Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah Guru PJOK, Guru Kelas, karyawan dan siswa sebanyak 25 orang.Sedangkan isntrumen penelitian dengan mengedarkan angket.Bedasarkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan bahwa Pembinaan prestasi olahraga usia dini di SD Negeri 2 Percontohan Tijue dilaksanakan dengan kegiatan pembinaan yang terprogram, didukung oleh guru PJOK yang memenuhi keriteria kelayakan, mendapat persetujuan dari semua guru kelas yang ada, kegiatan pembinaan dibiayai seluruhnya oleh sekolah dan wali siswa, kepala sekolah membina dengan baik, hasil penelitian membuktikan bahwa pembinaan cabang olahraga telah berjalan sebagai mana mestinya.
Kata Kunci : Prestasi, Olahraga, Usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmad Patusuri. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Jakarta : Rineka Cipat.

Boyke Mulyana.2012. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bnadung. PT. Remaja Rosda Karya

H. JS. Sudarta. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga Kesehatan). Bandung. Penerbit Alfabeta.

Cholik, Toha Mutohir. 2002. Gagasan-Gagasan Tentang Pendidikan Jasmani dan OLahraga.Penerbit : Unesa University Press.

Dini Rosdiani. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Harsuki. 2012. Pengantar Manajemen OLahraga. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

E Mulyasa (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implentasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mahendra. 2003. Hakekat Pendidikan Jasmani: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusli Lutan .1996.Hakekat dan Karakteristik Pendidikan Jasmani dan Keschatan dalam Kurikuium D2 PGSD.Jakarta : Dirjen Depdikbud.

Roesdianto. 2012. Permainan dan Olahraga. Penerbit : Universitas Negeri Malang.

Roesdianto.2012.Sejarah Olahraga dan Pendidikan Jasmani.Penerbit : Universitas Negeri Malang

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.