Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel Bidadari Hitam Karya T.I. Thamrin

Dewi Fitriani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kekerasan terhadap tokoh perempuan dalam novel Bidadari Hitam karya T.I. Thamrin. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Sumber data adalah novel Bidadari Hitam karya T.I. Thamrin. Data yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan dialog pada sumber data yang mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan yang dialami tokoh perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan dalam novel Bidadari Hitam karya T.I.Thamrin adalah kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan kekerasan ekonomi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kekerasan terhadap perempuan terjadi berulang- ulang pada korban dan keluarganya sehingga mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan yang berkepanjangan. Di samping itu, konflik bersenjata yang terjadi di Aceh pada tahun 1989-2001 menambah kuantitas kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan (TNI/POLRI), GAM (Gerakan Aceh Merdeka), dan warga sipil. Semua kekerasan tersebut tidak dapat diterima oleh tokoh-tokoh perempuan baik secara psikis maupun batin.

Kata kunci: Kekerasan, Perempuan, Novel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Azriana, dkk. 2009. Buku Pegangan Bagi Pendamping Perempuan dan Anak Korban Kekerasan: Dikomplikasi dari Materi Training Penguatan Hukum Perempuan. Banda Aceh: RpuK.

Hanita, Margaretha, dkk. 2009. Modul Pelatihan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Jakarta: P2TP2A Provinsi DKI Jakarta.

Harnoko, B. Rudi. 2010. “Dibalik Tindak Kekerasan terhadap Perempuanâ€. Muwazah. Vol 2, No.1 tahun 2010. http://ejournal.stainpekalongan.ac.id. Diunduh tanggal 15 Oktober 2015.

Herkutanto. 2000. “Kekerasan terhadap Perempuan dan Sistem Hukum Pidana: Pendekatan dari Sudut Pandang Kedokteranâ€. Dalam Tapi Omas Ihromi, dkk. (Eds.). Penghapusan Diskriminasi terhadap Wanita (hlm. 263-276). Jakarta: ALUMNI.

Luhulima, Achie Sudiarti. 2007. Bahan Ajar tentang Hak Perempuan: UU No. 7 Tahun 1984 tentang Pengesahan Kovensi Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Wanita. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Poerwandari, E. Kristi. 2000. Kekerasan terhadap Perempuan: Tinjauan Psikologi Feministik. Dalam Achie Sudiarti Luhulima (Ed.) Pemahaman Bentuk-Bentuk Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Alternatif Pemecahannya (11-50). Jakarta: ALUMNI.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. Tanpa tahun. Teori Sosiologi Modern. Diterjemahkan oleh Alimandan. 2012. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sampurna, Budi. 2000. “Pembuktian dan Penatalaksanaan Kekerasan terhadap Perempuan Tinjauan Klinis dan Forensikâ€. Dalam Achie Sudiarti Luhulima (Ed.) Pemahaman Bentuk-Bentuk Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Alternatif Pemecahannya (51-75). Jakarta: ALUMNI.

Santrock, John W. 1996. Perkembangan Remaja. Diterjemahkan oleh Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih. 2003. Jakarta: Erlangga.

Shiraev, Eric B dan David A. Levy. Tanpa tahun. Psikologi Lintas Kultural: Pemikiran Kritis dan Terapan Modern. Diterjemahkan oleh Triwibowo. 2012. Jakarta: Kencana

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembagai Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Thamrin, T.I. 2008. Bidadari Hitam. Jakarta: Imparsial dan AJMI.

Undang-undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.