SIKAP KEPALA KELUARGA TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI DESA LAMPOH KEUDEE KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

Fauziah Fauziah, Zaira Safriana

Abstrak

Peran Kepala Keluarga sangat penting dalam penerapan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kepala keluarga dapat menjadi pengontrol utama didalam keluarga dalam penerapan PHBS, oleh karena itu kepala keluarga perlu menjadi contoh bagi anggota keluarga yang lain dalam penerapan BHBS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegathui Sikap Kepala Keluarga terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Desa Lampoh Keudee Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Gampong Lampoh Keudee Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Tahun 2019 maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan sikap kepala keluarga terhadap perilaku hidup bersih dan sehat berada dalam katagori Negatif sebanyak 52 responden (61,18%) sedangkan positif sebanyak 33 responden (38,83%). Jika dilihat dari masing-masing variable maka Sikap kepala keluarga di Gampong Lampoh Keudee Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dalam tidak merokok didalam rumah berada pada negatif yaitu sebanyak 43 respoden (50,59%). Sedangkan Sikap kepala keluarga di Gampong Lampoh Keudee Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dalam pemberantasan jentik nyamuk berada pada negatif yaitu sebanyak 52 respoden (61,18%), dan sikap kepala keluarga di Gampong Lampoh Keudee Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dalam aktifitas fisik sehari-hari berada pada negatif yaitu sebanyak 50 respoden (58,83%)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Depkes RI . (2012). Panduan Manajemen PHBS Menuju Kabupaten/Kota Sehat Pusat Promosi Kesehatan. Jakarta

_________ . (2015). Pemberantasan Sarang Nyamuk, Jakarta

_________ . (2016). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

_________ .(2017). Buku Saku Rumah Tangga Sehat Dengan PHBS, Pusat Promosi Kesehatan, Jakarta.

Dinkes Aceh Besar. (2018). Pedoman Program Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tatanan Rumah Tangga. Aceh Besar: Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar.

Fitriani, Sinta, (2011). Promosi Kesehatan. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu

Jurnal Strata PHBS, 2013 Profil Kesehatan Indonesia tahun 2012, Jakarta

Kamisah. (2016). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tatanan Rumah Tangga. Permana Cipta: Jakarta

Maulana, H. (2015). Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC

Muwarni, A. (2017). Asuhan Keperawaran Keluarga. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta

Setiadi. (2008). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga.Yogyakarta: Graha Ilmu

Suprajitno. (2015). Asuhan keperawatan keluarga, Jakarta: EGC.

Sudiharto. (2014). Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Pendekatan Keperawatan Transkultural. Cetakan 1 Jakarta:EGC.

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia Tahun 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan:Jakarta

Rarasari. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Peran Kepala Keluarga Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Keluarga di Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar, Banda Aceh: FKM-USK.