PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIKUM FISIKA MATERI HUKUM NEWTON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
Abstract
Keywords: Effect of Interest in Learning; Physics Learning; Newton's laws
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ayumniyya, Lilik, & Setyarsih, Woro. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 50–58. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p50-58
Hajratun, Sri, & Ayub, Syahrial. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7, 480–485.
Hariadi, Syamsul, Haris, Mukhtar, & Junaidi, Eka. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(2), 8. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1288
Khasani, Rizal, Ridho, Shofwan, & Subali, Bambang. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Hukum. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.192
Kusuma, Ulfie, & Setyarsih, Woro. (2021). Kajian Literatur Pengembangan Instrumen Kemampuan Problem Solving Pada Materi Fisika Ulfie. Inovasi Pendidikan Fisika, 10(2), 16–27.
Martono, Stefany Margareta. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Strategi Tuntas Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Hukum Newton dan Penerapannya di Kelas X. Soscied, 2(1).
Nurhaliza, Putri, & Pengajar Jurusan Fisika, Staf. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS Pada Materi Gaya dan Hukum Newton Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X MAN 1 Kerinci Mahasiswa Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang 2). Physics Education, 12(4), 721–728.
Rahma, & Fatimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction ( CAI ) Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1).
Rizkita, Nur Ifani, & Mufit, Fatni. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 233–242. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/599
Sulviana, & Pasaribu, Marungkil. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 9(1), 63–69.
Suriani, Wa Ode, Rm, Vivi Hastuti, & Sukariasih, Luh. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Hukum Newton Peserta Didik Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4), 196–201.
Ubaidillah, Ivan, & Anggaryani, Mita. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA / MA. Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Vol., 09(03), 311–317.
Ulfa, Umayya, & Winata, Anggu. (2021). Implementasi Model Problem Based Instruction Terhadap Penguasaan Materi Hukum Newton dan Kecakapan Berpikir Kritis Siswa. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 4.
Wahyudi, Putri, Cindy Bintang Cempaka, & Susilawati. (2023). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Newton. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.
Yaumi, Mimi Rohazal, Sutopo, & Parno. (2019). Pembelajaran fisika Menggunakan Pemodelan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton Gravitasi dan Hukum Kepler. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1), 21–27