ANALISIS PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMAPUAN LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Aktifitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. aktivitas belajar ini terdiri dari beberapa indikator seperti minat belajar dan kemampuan literasi sains. Pada penelitian kali ini akan di teliti mengenai aktivitas belajar mana yang berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika dan indikator aktivitas belajar yang mana yang paling berperan dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika Siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi suhu dan kalor. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bertujuan untuk menguji teori. Dari percobaan tersebut dapat diketahui bahwa aktivitas belajar berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi suhu dan kalor. Indikator aktivitas belajar yang paling berperan dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika mahasiswa pada materi suhu dan kalor dilihat dari nilai signifikan yang paling mendekati 0,05 yaitu indikator minat belajar.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, analisis
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminah. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Materi Pokok Perpindahan Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas V Sd Negeri 101500 Batu Gana Oleh. The SAGE Encyclopedia of Online Education, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.4135/9781483318332.n86
Hayati, N., Junus, M., & Qadar, R. (2021). Studi Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 83–91. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.365
Hidayati, S. A., Sudarti, & Handayani, R. D. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Sains terhadap Minat Belajar Materi Pewarisan Sifat sebagai Evaluasi dalam Pembelajaran pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.
Jannah, M., & Harijanto, A. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol. Jannah, 8, 66–72.
Novista, E. D., & Simamora, N. N. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Integrated Science Education Journal, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.37251/isej.v2i2.168
Nuraini, A. (2022). Pengembangan Media Flashcard Berbarcode Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(02), 302–316. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45587
Putri, M. D. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01), 9–17. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3610
Sadiah, H. (2021). Pemahaman Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Sma Negeri 2 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(2), 59–62. https://doi.org/10.37251/jee.v2i2.153
Sakti, I., Nirwana, N., & Defianti, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Pada Mata Kuliah Kajian Ipa-1 Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.131-140
Sapitri, J., & Syofyan, H. (2022). Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadap hasil belajar materi suhu dan kalor siswa di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 513. https://doi.org/10.29210/30032100000
Setia Permana, I. P. Y., & Purwaningsih, E. (2022). Penerapan Simulasi Virtual Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Suhu dan Kalor di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 17. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4292
Wati, R. W. I., Lesmono, A. D., & Prastowo, S. H. B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 202–207.