PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU IBU TENTANG TATALAKSANA DIARE PADA ANAK DI RUMAH WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA

Putri Khofifah

Abstrak

Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap objek tertentu. Sikap merupakan reaksi atau respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap suatu stimulus atau objek. perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas suatu aksi-reaksi organisme terhadap lingkungannya yang timbul karena adanya kebutuhan dan respon yang diamati baik secara langsung atau tidak langsung. Diare didefinisikan sebagai peningkatan frekuensi buang air besar dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya (> 3 kali/hari) dan konsistensi tinja bersifat cair dengan/tanpa darah dan atau lendir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku ibu tentang tatalaksana diare pada anak di rumah wilayah kerja Puskesmas Ingin Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan sampel diambil  dengan cara pengambilan sampel total sampling yang didapatkan dari data primer dengan cara pengisian kuesioner secara langsung oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sampel penelitian 77 responden diperoleh 94.3 % ibu yang memiliki pengetahuan yang baik mengenai penanganan diare, 78.6% ibu yang memiliki sikap kurang mengenai penanganan diare, 100% ibu yang memiliki perilaku yang baik mengenai penanganan diare. 

 

Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Diare

Kata Kunci

Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Diare

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Hapsari AI, Gunardi H. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Orangtua tentang Diare pada Balita di RSCM Kiara. Sari Pediatr. 2018;19(6):316.

Ejemot-Nwadiaro RI, Ehiri JE, Arikpo D, Meremikwu MM, Critchley JA. Hand-washing promotion for preventing diarrhoea. Cochrane Database Syst Rev. 2021;(1).

Juffrie M, Soenarto S, Oswari H. Buku Ajar Gastroentrologi-herpatologi. Ikatan dokter anak indonesia; 2010. 87–120

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. 42nd ed; 2019.

Voni Indahyanti DAW. Hubungan antara penanganan anak diare di rumah oleh orang tua dengan tingkat dehidrasi. J Keperawatan. 2019;XII(1):1-6.

Awasthi S. INCLEN Childnet Zinc Effectiveness for Diarrhea Group. Zinc supplementation in acute diarrhea is acceptable, does not interfere with oral rehydration, and reduces the use of other medications: a randomized trial in five countries. Pediatr Gasrroenterol Nutr. 2006;42(3):300–5.

Pediatri S, Pola Tata laksana Diare Akut di Beberapa Rumah Sakit Swasta di Jakarta; 2005;(4):2-7.

McFarland L V, Gary WE, McFarland M. Meta-analysis of probiotics for the prevention and treatment of acute pediatric diarrhea. Int J Probiotics Prebiotics. 2006;1(1):63–76.

Khasanah U, Tingkat Hubungan Ibu Pengetahuan Pada Balita Penderita Diare. 2015.

Husaeni H. Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Penanganan Diare Pada Anak Di Puskesmas Batua Raya Kota Makassar. J Ilmu Kesehatan Sandi Husada. 2017;5(2):65-80.