PENGEMBANGAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ( SECARA TEORITIS DAN PENERAPAN) BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA
Abstrak
Tulisan ini akan mengulas mengenai kontribusi sosiolinguistik dalam penyediaan bahan pengajaran bahasa dari sudut pandang sosiolinguistik dan penentuan variasi bahasa (termasuk pronomina persona) yang digunakan di perguruan tinggi khususnya mahasiswa bahasa baik bahasa indonesia maupun bahasa inggris, penentuan interferensi yang muncul pada komunikasi pembelajar sebagai suatu bentuk kesalahan bahasa, etnografi komunikasi dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk pengguna bahasa asing (BIPA), dan Bahasa Inggris sebagai entitas bahasa Asing.
Tahapan penelitian ini ditujukan pada mahasiswa semester VI yang sedang mengambil mata kuliah sosiolinguistik yang bertujuan sebagai media perbandingan untuk mengukur analisa mahasiswa dalam memahami dan menerapkan sosiolinguistik baik dilingkungan mikro yaitu kelas, sampai dengan lingkungan makro yaitu masyarakat.
Kata kunci: sosiolinguistik, pengajaran bahasa, variasi bahasa, interferensi, etnografi komunikasi, dan bahan pengajaran bahasa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Holmes, J. 2001. An Introduction to Sociolinguistics. England: Pearson Education
Limited.
Soebroto, S. 2007. Temuan Linguistik untuk Pengajaran Bahasa. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Richards, J. C. and Rodgers, T. 2001. Approaches and Methods in Language
Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Fathur Rokhman, 2013. SOSIOLINGUISTIK, Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta : Graha Ilmu
Spolsky, Bernard. dan Francais M. Hult. (2008). The Hanbook Of Educational Linguistics.
Spolsky, Bernard. 2010. Sosiolinguistics. New York: Oxford University Press.
Joyce, B., dan Weil, M. 2000. Models of Teaching. London: Allyn and Bacon.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan
Implikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Richards, J. C. 2001. Curriculum and Material Developmen for English Teaching.
Cambridge: Cambridge University Press.
Richards, J.C.(2002). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Alwi, Hasan. Dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga .Jakarta: Balai Pustaka.
Brown. Douglas. 2007: Prinsip Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. Jakarta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.