PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 2 KEMBANG TANJONG
Abstrak
Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Model Learning Cycle 5E, Berpikir kreatif, Pencemaran Lingkungan
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin, S. (2010). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya
Anwar, H., Jamaluddin.,dan Jufri,A.W. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E di SMP
Aydin, N., and Yilman, A. (2010). The Effect of Contructivist Approach in Chemistry Education on Students’ Higher Order Cognitive Skill. H.U. Journal of Education, Vol 39, pp 57-68.
Bybee, R. W. (2009). The BSCS 5E Instructional Model and 21ST Century Skills. A Commissioned Paper Prepared For a Workshop on Exploring The Intersection of Science Education and The Development of 21ST Century Skills.
Campbell, N.A., Reece, J.B., Urry, L.A., Cain, M.L., Wasserman, S.A., Minorsky, P.B., and Jackson, R.B. (2010). Biology (Eight edition). San Fransisco: Pearson Education.
Filasaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hake. (1999). Analyzing change/gain scores. (Online). Tersedia http://www. physicsindiana.edu/sdi/Analyzing-Change-Gain. pdf.
Hardiyasa,I.M.,Suma.K.,Sadia,I.W. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa.e-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 4. Tahun 2014.
Ibrahim, M. (2010). Assessmen Berkelanjutan, Konsep Dasar Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa University Prees..
Ibrahim M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa Unirvesity Press.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasih, M., Jufri,W., dan Muklis. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kristis Siswa. e-Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol.1. No.2 Tahun 2014.
Nur, M. (2011). Modul Keterampilan-keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Surabaya: PSMS Unesa.
Nur, M. (2014). Berpikir KreatifSurabaya: Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi UNESA.
Piitro, J. (2011). “Creativity for 21” Century Skills. Rotterdam: Sense Publishers.
Putra, S.R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Sayuti,I., Rosmaini, S., Andayani. (2012). Penerapan Model Pembelajaran model Learning cycle 5e untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Biologi kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Pekan Baru. JurnalPendidikanUnri, Vol. 3. No.1.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid 1: Teori dan Praktik.Jakarta: PT Indeks.
Thomsom, S., Lisa, D.B., Sarah,B. (2014). PISA in Brief: Highlights from The Full Australian Report. ACER: Australian Council of Educational Research.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Penggelolaan Lingkungan Hidup.
Ratiyani,I.,Subchan,W.,Hariyadi Slamet. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Aplikasi dalam Model Siklus Pembelajaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Probolingo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Pancaran Universitas Jember. Vol.3,No.1,pp 79-88. Februari 2014.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Risdiana, H., Suyatno, Sri, P. (2014). Implementasi Model 5E Learning cycle untuk meningkatkan Penguasaan konsep dan Kemapuan Berpikir Siswa SMA. Jurnal Penelitian Sains, Vol. 2., No.3, pp 174-183.
Zuraida.(2017).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Ekologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2017. Universitas Syiah Kuala Jurusan Pendidikan Biologi.