ERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-IPA SMA METHODIST BANDA ACEH

Eliuddin Gea

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IPA SMA Methodist Banda Aceh dengan menerapkan metode kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaannya melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X-IPA SMA Methodist Banda Aceh yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data dilakukan analisis dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada kondisi awal adalah 58,8%. Pada siklus I, ketuntasan siswa meningkat 17,7% dari sebelumnya sehingga mencapai 76,5% sehingga ketuntasan belajar secara klasikal dapat dikatakan tidak tuntas. Pada siklus ke II terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi dan meningkat 23,5% sehingga mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IPA SMA Methodist Banda Aceh.

Kata Kunci: Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Materi Persamaan Linier Dua Variabel, dan Hasil Belajar Siswa.

Kata Kunci

Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Materi Persamaan Linier Dua Variabel, dan Hasil Belajar Siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Hamalik, Oemar. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hardjodipuro. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Hermawan, H., Paloloang, B., & Sukayasa, S. 2012. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Bajugan pada operasi hitung campuran. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(9), 44-59.

Hudoyo, Herman. 2006. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ibrahim, Muslim. 2007. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Karim, K., & Anshariyah, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. EDU-MAT, 4(1), 58-67.

Rahmawati, N. I. R., Yarmadi, Y., & Zulkarnain, Z. 2017. Penggunaan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Geografi 2015/2016. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 5(1), 1-9.

Sari, D. R., Masykuri, M., & Mulyani, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 12-18.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Suyadi. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Yuwono, Ipung. 2005. Pembelajaran Matematika Secara Membumi. Malang: Universitas Negeri Malang