PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BENTUK DAN OPERASI ALJABAR BERBASIS ANDROID

Sri Wahyuni Mertosono, Victor R. Sulangi, Sylvia Jane A. Sumarauw

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bentuk dan operasi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan tujuan mengembangkan produk media pembelajaran yang valid, praktis dan efisien menggunakan model pengembangan 4D. Persentase kevalidan dari hasil penilaian ahli materi dan media sebesar 92,6% dan 90,9% dengan kategori sangat valid. Persentase kepraktisan media dilihat dari respon guru sebesar 95,4% dan respon siswa 89% dengan kategori sangat baik. Uji-t dilakukan untuk menguji keefektifan menggunakan tes hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan hasil pengujian t_hitung=2,014695>t_tabel=1,686  yang artinya belajar menggunakan media ini lebih efektif daripada yang tidak menggunakan. Kesimpulannya, media yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Astuti, V. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran aplikasi pokamathh pada materi aljabar kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 1–10.

Damayanti, dkk. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 1(1), 63–70.

Kartika, N. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Regulai. Lampung: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Lolombulan, J.H. (2017). Statistika Bagi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Merliana, N. P. E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android Sebagai Media dalam Pembelajaran Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 37–53.

Mutia, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX dalam Memahami Konsep Tabung dan Alternatif Pemecahannya dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1.

Rahman, I. M., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 50–57.

Septiani, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Power Point Add-ins Ispring pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Peserta Didik Kelas XI. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Sri Mulyani, E. W. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136.

Sulistyorini, S., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 10 Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian di SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2116–2126.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Traiining Teachers of Exceptional Children. Wachington DC: National Center for improvement Educational System.