EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMA NEGERI 7 WAJO

Sumarni Sumarni, Haeria Hikmawati, Junisnaini Junisnaini Junisnaini, Sartina Sartina Sartina, Ratna Dewi, Azisah Septiani, Unin Nurahma, Hendra Agustiawan, Ahmad Sugandi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang relevan dengan pelaksanaan program Adiwiyata di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Wajo. Dalam studi penelitian ini, model evaluasi CIPP digunakan. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan komponen context memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, komponen input membuat anggaran yang digunakan, komponen proses membuat pemeliharaan sarana dan prasarana perlu ditingkatan, serta komponen produk menunjuk dukungan sumber daya manusia dan prasarana merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Adiwiyata, sedangkan Faktor penghambatnya adalah kesadaran dan pemahaman sipir yang fluktuatif tentang pengaruh lingkungan dalam kehidupan sehari-hari

 

Evaluasi program; program Adiwiyata; model CIPP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Pelita, A.C. & Widodo, H. 2020. Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Artikel. Volume 29, No. 2, hlm. 145 – 157.

Suryani, A., Soedarso, S., Saifulloh, M., Muhibbin, Z., Wahyuddin, W., Hanoraga, T., Nurif, M., Trisyanti, U., Rahadiantino, L., & Rahmawati, D. (2019). Education for Environmental Sustainability: A Green School Development. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(6), 65. https://doi.org/10.12962/j235460 26.y2019i6.6347.

Tim Penulis. 2017. Buku Panduan Puncak Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. 2018. Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177.

Widodo, Hendro. 2017. Budaya Sekolah Adiwiyata Studi Kasus di SD Muhammadiyah Bodon Bantul Yogyakarta. Tajdidukasi. VII (1): 1-18.

Widodo, Hendro. 2018. Making Students Carefully Catering Environment Through Adiwiyata Program. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 200: 699-703.

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.2411 4/jg.v9i2.6901

Abqory, A. 2019. Pengertian, Tujuan Dan Model-Model Evaluasi Program. (online). https://www.wawasanpen didikan.com/2019/11/evaluasi-progr am-pengertian-tujuan-dan-model-mo del-evaluasi-program.html?m=1. Diakses tangal 12 Desember 2022.

Yusuf, R., Sanusi, S., Maimun, M., Fajri, I., & Putra, I. (2020). Hubungan Antara Kewarganegaraan Lingkungan Terhadap Perilaku Lingkungan Siswa di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 1. https://doi.org/10.20527 kewarganegaraan. v10i1.8215.

Supriadi, S. (2020). Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru Terhadap Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 4(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7928.