PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI SPLDV

Gia Mokoginta, James U.L Mangobi, Murni Sulistyaningsih

Abstrak

Penelitian bertujuan menentukan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar siswa yang menggunakan model Direct Instruction (DI) pada materi SPLDV. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model Direct Instruction (DI). Dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII-A dan VIII-B, dengan jumlah siswa tiap kelas adalah 16, kedua kelas tersebut homogen dan setara.  Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan menggunakan model PBL adalah 81,56 sedangkan yang ditunjukan dengan menggunakan model DI adalah 74. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dua kelompok yang tidak berpasangan, diperoleh t-hitung = 2,656 > t-tabel =1,697 maka tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar SPLDV siswa yang menggunakan model PBL lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan model DI.

Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, sistem persamaan linear dua variabel

Teks Lengkap:

PDF PDF