SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI MASUK SANTRI PADA DAYAH JEUMALA AMAL LUENG PUTU MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP)

Nazila Khairina, Husaini Husaini, Nanda Sitti Nurfebruary, Zikrul Khalid

Abstrak

Seleksi penerimaan santri baru merupakan suatu proses administrasi bagi calon santri di Dayah. Proses ini biasanya dilakukan setiap tahunnya. Dayah Jeumala Amal merupakan sebuah pondok pesantren unggul di Kabupaten Pidie Jaya berbasis nasional. Oleh karena itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang unggul, berkualitas dan berprestasi. Penyeleksian calon santri baru harus berdasarkan kriteria-kriteria yang sesuai dengan standar yang diharapkan, kriteria yang digunakan berupa Usia, Hafal Surah Alquran, Baca Alquran, Nilai Ujian Nasional, Pengetahuan Agama dan Umum. Pada penelitian ini akan diracang sebuah sistem pendukung keputusan yang berbasis komputerisasi guna membantu pihak Dayah dalam menyeleksi santri baru di Dayah Jeumala Amal Lueng Putu menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) dan dikembangkan dengan database MySQL. Sehingga sistem ini dapat menghasilkan urutan rangking peserta yang telah mengikuti seleksi. Dengan demikian sistem diharapkan dapat membantu panitia dalam kegiatan seleksi santri baru.

Kata kunci: Alternatif, Kriteria, Metode MFEP,Seleksi, Sistem Pendukung Keputusan

Kata Kunci

Alternatif, Kriteria, Metode MFEP,Seleksi, Sistem Pendukung Keputusan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

AyatunSyifa., 2020. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Dosen Pembimbing Skripsi Pada Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur Menggunakan Metode Multifactor Evaluasion Proses. Perpustakaan Teknik Universitas Jabal Ghafur.

Pratiwi, Henny, Kurniawati Anna., 2016. Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Samarinda: Stmik Widya Cipta Dharma.

Ahmad Solichin, 2016, “Pemrograman Web Dengan Php Dan Mysql”, Hal 6. Yogyakarta. Andi.

Randa,Mahardika., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Di SMA Negeri 1 Ampek Angkek Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, Vol.10 No.10 April 2017 ISSN : 2086 – 4981.

Salahudin, M., Rosa A. S. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung:Informatika.

Turban, E., Aronson, J., dan Liang, P. T. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid I. Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Andi Offset.

Umbara Ravi., 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Calon Penerima Zakat Menerapkan Multifactor Evaluation Process (MFEP). Yogayakarta.