PERANCANGAN APLIKASI CEK GIZI PANGAN PADA JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PIDIE BERBASIS ANDROID

Muhammad Rifaldi, Zikrul Khalid

Abstrak

Usia sekolah adalah masa emas tumbuh kembang anak. Di usia 6-12 tahun juga anak-anak sedang senang jajan karena di masa ini terjadi peningkatan nafsu makan. Para ibu yang memiliki usia Sekilah Dasar (SD) rata-rata mengalami masalah sama dalam urusan memberi makan sikecil. Saat ini di lingkungan sekolah dasar khususnya di wilayah kabupaten pidie terdapat macam-macam jenis makanan yang belum diketahui kandungan gizi dalam makanan tersebut. Untuk mengatasi ketidaktahuan tersebut , maka perlu dibuat satu inovasi yang dapat membantu para orang tua dalam mengecek gizi pangan pada setiap jajanan yang diperjualbelikan dilingkungan sekitar sekolah dasar di kabupaten pidie. Untuk membuat inovasi terbaru guna memberikan pengetahuan mengenai gizi pangan pada jajanan anak sekolah dasar di kabupaten pidie dapat menggunakan bahasa pemograman berbasis android, hal ini dikarenakan smarphone android telah banyak digunakan oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun suatu aplikasi cek gizi pangan pada jajanan anak sekolah dasar di Kabupaten Pidie berbasis adroid. Untuk menampung data–data kebutuhan sistem pada penelitian ini menggunakan MSQL. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah para ibu di kabupaten pidie dalam mengecek gizi pangan pada jajanan/makanan yang dikonsumsi oleh anaknya. Hasil dari penelitian juga dapat di permudah para penjual jajanan dalam mengetahui kandungan gizi pada jajanan yang dijual.

Kata kunci: Aplikasi, Cek Gizi Pangan, Jajanan Anak Sekolah Dasar, Android, Hybrid,
MySQL.

Kata Kunci

Aplikasi; Cek Gizi Pangan; Jajanan Anak Sekolah Dasar; Android; Hybrid; MySQL.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Andi, Juansyah. 2018. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol. 1 No. 1, Bandung. ISSN : 2089-9033.

Badan POM RI. 2013. Informasi Kandungan Gizi Pangan Jajanan Anak Sekolah. Direktorat Standardisasi Produk Pangan Republik Indonesia.

Fadlilah, Riyowati, B , I,N. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Batik Indonesia Berbasis Android, Jurnal Evolusi Volume 7 No 1 – Maret 2019. ISSN: 2338 – 8161, 101-109.

Fajri, Hardhita, Murti. 2013. Aplikasi Berbasis Web Untuk Pemantauan Status Gizi dan Tumbuh Kembang Anak Berdasarkan Antropometri.

Kristanto, Andri. 2018. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya ed. Revisi. Gava Media: Yogyakarta.

Maiyana, Efmi. 2018. Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains dan Informatika, Vol. 4, No. 1. ISSN 2459-9549.

Nur, Rusdi dan Sayuti, Arsyad, Muhammad. 2018. Perancangan Mesin-Mesin Industri. Deepublish: Yogyakarta.

Nuralifah, Siti , dkk. 2019. Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar. SEAMEO RECFON, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nur, Rachmaliany. 2017. Pengembangan Aplikasi Web Untuk Penentuan Nutrisi Anak Dengan Metode Fuzzy C-Means Berdasarkan Produk Kemasan. Jurnal KINETIK, Vol. 2, No. 2. E-ISSN : 2503-2267.

Prahasta, Eddy. 2018. Systems Thinking dan Pemodelan Sistem Dinamis. Informatika: Bandung.

Reksoatmodjo, Wahyuni. 2018. Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data. Andi: Yogyakarta.

Safaat, Nazaruddin. 2018. Buku Pemograman Aplikasi Mobile Berbasis Android Revisi Ketiga Dengan Contoh Studi Kasus. Informatika: Jakarta.

Safaat, Nazruddin , H. 2019. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika: Bandung.

Soebandi. 2020. Perancangan Aplikasi Perhitungan Jumlah Kebutuhan Kalori Harian. Jurnal InTekSis, Vol. 7, No.2.

Suryanto, Agus , dkk. 2020. Sistem Layanan Monitoring Status Gizi Anak Berbasis Android Terintegrasi Dengan Web. Universitas Negeri Semarang.

Tricahyo, Novendhi. 2017. Menghitung Status Gizi Pada Balita Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Umiyarni, Dyah , Purnamasari. 2018. Panduan Gizi & Kesehatan Anak Sekolah. Andi: Yogyakarta