PENGGUNAAN MODEL PIMCA BERBASIS MULTIPLE-REPRESENTATION PADA PEMBELAJARAN MATERI BARISAN DAN DERET

Adiputra Gideon Mukkun, Anekke Pesik, Anetha Tilaar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PIMCA Berbasis Multiple-Representation pada Pembelajaran Materi Barisan dan Deret. Tahap-tahap pelaksanaan Model PIMCA Berbasis Multiple-Representation, yaitu Presentation, Idea Mapping, Conceptualization, dan Assesment Formative. Hasil data diperoleh baha rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol, yaitu hasil selisih rata-rata kelas eksperimen, yaitu 56,25 sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol, yaitu 29,9. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil data ini membuktikan bahwa Penggunaan Model PIMCA Berbasis Multiple-Representationpada Pembelajaran Materi Barisan dan Deret efektif dan tepat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : PIMCA, Multiple-Representation, Hasil Belajar. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amri, S. dan Ahmadi, I.K. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka

Nurhidayah, Dwi Avita. 2016. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Implementasi Kurikulum 2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Poluakan, C., & Katuuk, D. (2022). PIMCA: A New Alternatives to Physics Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 2165(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2165/1/012013

Patol, et al. 2021. Development of PIMCA learning model on magnetic field.

Sirait, Putri Winda, at al. (2021). Penggunaan Model PIMCA Berbasis Multi Representasi pada Pembelajaran Hukum I Termodinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains. E-ISSN 2722 – 5860. Tersedia; https://eurekaunima.com/index.php/jpfunima/article/view/122/83. [Oktober 2021]

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenadamedia Group : Jakarta.

Susanto, Dicky, at al. 2021. Matematika . Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Kebudayaan

Ula, Indah, et al. 2022. Penggunaan Model Pimca dalam Pembelajaran Fisika Materi Pembiasan Cahaya Dengan Graphline. Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Manado.

Yusri, R. (2021). Penerapan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Matematika. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(2), 140-145.