PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TATA BUSANA (TB -1) MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SMK NEGERI 1 SIGLI
Abstrak
Rendahnya penguasaan kemampuan siswa pada pelajaran Matematika kemungkinan besar dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih metode dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sigli selama tiga bulan sejak bulan Februari sampai Mei 2018 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas X Tata Busana materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui metode discovery learning pada SMK Negeri 1 Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas X TB - 1 SMK Negeri I Sigli sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan reflekksi pada siklus I dan siklus 2. Dalam penelitian ini menggunakan metode discovery learning dengan materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, diperoleh hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 56,70%, nilai rata-rata kelas sebesar 66.1% dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 90% dengan nilai rata-rata kelas 74.6%. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan áktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 36.7% dan nilai rata-rata adalah 58.5%. Dengan demikian melalui penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas X TB - 1 dalam materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku pada SMK Negeri 1 Sigli.
Kata Kunci: Kemampuan Belajar, Metode discovery learning, Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aqib, Zainal , 2010. Penerbit Tindakan Kelas. Bandung :Yrama Widya.
Budinigsih . Asri . 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rinekacipta
Dahar, R.W. 2006. Teori-teori Belajar. Jakarta :Erlangga.
Djamarah. Syaiful Bahri .2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Ebell. Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan . Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik. Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik. Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara .
Rahmadi Widdiharto, 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP, Yogyakarta: Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika
Slameto . 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung : PT. Reneka Cipta.
Slavin. Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i1.444
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: