MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE MICROSOFT MATHEMATICS DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 SAKTI

Taufiq Taufiq, Junaidi Junaidi, Mirunnisa Mirunnisa

Abstrak


This research contains learning media based on Microsoft Mathematics software. The research contains algebra learning to increase the self-efficacy of class IX students at SMP Negeri 1 Sakti. The main focus of this research is increasing students' self-efficacy by utilizing learning media based on Microsoft Mathematics software. The population that was the research subject included all class IX students at SMP Negeri 1 Sakti, totaling 210 students. Because the population exceeded 100 students, two classes were chosen as samples, namely one experimental class and one control class, each consisting of 60 students. This research adopts a quasi-experimental method. Data was collected through post-tests and self-efficacy questionnaires, then analyzed using the t-test. The results of data analysis show that the average score for the experimental class is 80.13, while the control class has an average of 70.04. The results of hypothesis testing show tcount > ttable 2.703 > 1.701. Thus, software-based learning media in the learning context, Microsoft Mathematics, can increase students' self-efficacy in algebra material in class IX of SMP Negeri 1 Sakti.

 

ABSTRAK

Penelitian ini berisi tentang media pembelajaran berbasis software Microsoft Mathematics, dalam penelitian memuat pembelajaran aljabar untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sakti, fokus utama penelitian ini adalah meningkatkan self-efficacy siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis software Microsoft Mathematics. Populasi yang menjadi subjek penelitian termasuk semua siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sakti yang berjumlah 210 siswa. Karena jumlah populasi ini melebihi 100 siswa maka di pilih dua kelas sebagai sampel, yakni satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dengan masing-masing terdiri dari 60 siswa. Penelitian ini mengadopsi metode kuasi-eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes akhir dan kuesioner self-efficacy, lalu dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,13, sementara kelas kontrol memiliki rata-rata 70,04. Hasil pengujian hipotesis menunjukkanthitung > ttabel 2,703 > 1,701. Dengan demikian media pembelajaran berbasis software dalam konteks pembelajaran, Microsoft Mathematics dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa materi aljabar di kelas IX SMP Negeri 1 Sakti.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfinuha, S., & Nuqul, F. L. (2017). Bahagia dalam Meraih Cita-cita: Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Teknik Arsitektur Ditinjau dari Regulasi Emosi dan Efikasi Diri. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1357.

Alvaresa, F. (2021). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Berbantuan Microsoft Mathematics Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/15342/

Alwisol. (2019). Psikologi Kepribadian (Cetakan Pertama). UMM Press.

Auliya, R. N., Pinahayu, E. A. R., & Adnyani, L. P. W. (2020). Pemanfaatan Microsoft Mathematics 4.0 dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika di SMA/SMK. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 107–114. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4629.

Bratha, W. G. E. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 344-360. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.824.

Dewanto, A. C. (2018). Efektivitas PPL untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31941/delta.v6i1.662.

Drijvers, P., Goddijn, A., & Kindt, M.. (2010). Algebra education: Exploring topics and themes. In P. Drijvers, (Ed.), Secondary Algebra Education: Revisiting topics and themes and exploring the unknown (pp. 5–26). Rotterdam: Sense Publishers.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43.

Fazar, I., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2016). Pengembangan bahan ajar program linear menggunakan aplikasi geogebra berbantuan android di Sekolah Menengah Atas. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 6–11. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/974.

Hernawati, K. (2009). Pembelajaran Aljabar Linier dengan Perangkat Lunak Bantu Microsoft Math. In Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya (Pp. 219–232). https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9664.

Hernawati, K. (2012). Menggambar grafik dengan microsoft mathematic 4. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 20.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1). https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.119.

Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2557.

Lubis, N. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Software Microsoft Mathematics Terhadap Ketelitian Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TA 2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12339.

Margono. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. (2000). Principle and Standar School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacher Matematics, Inc.

Oktaviyanthi, R., & Supriani, Y. (2015). Experimental Design: Utilizing Microsoft Mathematics in Teaching and Learning Calculus. Journal of Education and Practice, 6(25), 75-83. https://eric.ed.gov/?id=EJ1078520.

Qurniati, N., & Prahasti, P. (2022). Penerapan Aplikasi Microsoft Mathematics pada Pembelajaran Matematika bagi Siswa SMKS-9 Muhammadiyah Kota Bengkulu. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(2), 188–192. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1531.

Rahayuningsih, S. (2018). Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matriks. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 74-83. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.147.

Razi, Z & Mirunnisa. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Untuk Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa. Prosiding: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu. 1(1). 94-99. http://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas/article/view/343/360.

Rizki, F., & Widyastuti, R. (2019). Penggunaan Aplikasi Microsoft Mathematics untuk Pengembangan Bahan Ajar matematika Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3160.

Rusmini, R., Daulay, D. S. H., & Surya, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Solving Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 284–299. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6177.

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–151. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9664.

Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan kemampuan geometri spasial siswa smp melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1196.

Sudjana. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutarto, S., Fauzi, Y. S., Indriyani, R., Sumekar RW, D. W., & Wibowo, A. (2019). Efikasi Diri pada Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT). Jurnal Kesehatan, 10(3). https://doi.org/10.26630/jk.v10i3.1479.

Syabri, K. I., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95-99. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.43.

Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi, R. (2018). Higher Order Thingking (HOT) Problems to Develop Critical Thinking Ability and Student Self Efficacy in Learning Mathematics Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23676.

Taylor, S.E. Plepau, L.T. Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.

Wiratmojo,P dan Sasonohardjo, (2002). Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama, Lembaga Administrasi Negara




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: