IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK DI KELURAHAN BENDUL MERISI KOTA SURABAYA
Abstrak
Penerapan E-Government memiliki potensi dukungan serta meningkatkan efisiensi kinerja pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat. Pertumbuhan E-Government khususnya Kota Surabaya telah berkembang dengan cepat dan pesat. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Surabaya telah meluncurkan website SIAP PPAK (Sistem Informasi Pelayanan Perlindungan Perempuan Dan Anak) dalam meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi pelayanan. Namun, dalam praktiknya, implementasinya masih belum optimal karena masih mendapati kendala. Artikel ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Terdapat hasil analisis pada artikel ini yang merujuk pada implementasi Van Meter dan Van Horn. Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak di Kelurahan Bendul Merisi Kota Surabaya telah memenuhi keenam variabel teori Van Meter dan Van Horn. Website tersebut sebagai suatu pelayanan pada masyaraka Kelurahan Bendul Merisi Kota Surabaya dapat dilaksanakan secara baik, walaupun mendapati kendala namun bisa teratasi sehingga pelayanan pemberdayaan dan perlindungan Perempuan dan anak dapat dilakukan dengan berkualitas.
Kata kunci: E-Government, Implementasi, Pelayanan Publik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. Governance, 1(1), 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/33470%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/download/33470/31669
AULIA, R. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG CACAT DI DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KAB.TANAH DATAR [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BATUSANGKAR]. In repo.iainbatusangkar.ac.id. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12693
Haqie, Nadiah, A. (2020). INOVASI PELAYANAN PUBLIK SUROBOYO BIS DI KOTA SURABAYA Zulfa Auliana Haqie. Inovasi Pelayanan Publik, 5, 23–30.
Ilham, L. U. (2019). Efektivitas Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Pada Perempuan Dan Anak Di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Journal of Government and Politics (JGOP), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31764/jgop.v1i1.941
Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Societas : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 7(1), 20–37. https://doi.org/10.35724/sjias.v7i01.967
Kristianto, E. (n.d.). E-health di indonesia (. 167–171.
Prabowo, S. A., & Rizky, M. (2020). Setyo Adjie Prabowo, Moch Rizky, Moch. Ali Mashuri /Jurnal Syntax Transformastion, Vol 1, No 2 April 2020. Jurnal Syntax Transformastion, 1(2), 66–73.
Purniawati, P., Kasana, N., & Rodiyah, R. (2020). Good Environmental Governance in Indonesia (Perspective of Environmental Protection and Management). The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.15294/ijicle.v2i1.37328
Silalahi, M., Napitupulu, D., Patria, G., Ilmu, F., Universitas, K., Jakarta, B., Ilmu, F., Universitas, K., & Jakarta, B. (n.d.). KAJIAN KONSEP DAN KONDISI E-GOVERNMENT DI INDONESIA. 10–16.
Supriani, I., Cahyono, H. N., Pratami, I. N., & Ardiansyah, A. (2023). Landasan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran Based Teknologi. Social Science Academic, 1(2), 167–172. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3485
Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212–224. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2149
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: