Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sosialisasi Kelas Parenting PUSPAGA di Balai RW Bendul Merisi oleh DP3APPKB
Abstrak
Partisipasi dari masyarakat sangat diharapkan untuk mendukung segala program agar tujuan dapat tercapai. Namun banyak program pemerintah yang kurang didukung. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif bertujuan mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi kelas parenting yang dilakukan di balai RW Kelurahan Bendul Merisi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Ketua RW dan Ibu-ibu yang pernah mengikuti sosialisasi kelas parenting. Lokus pengambilan data yakni di RW 05, 06, dan 07 Kelurahan Bendul Merisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat kurang optimal. Dari indikator adanya kontribusi, masyarakat kurang cukup aktif. Dari indikator adanya pengorganisasian kurang baik. Pada indikator adanya masyarakat dan aksi masyarakat, masih kurang maksimal. Dari indikator motivasi masyarakat, sudah cukup timbul kesadaran. Dan indikator yang terakhir masyarakat kurang adanya tanggung jawab.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aliyah, S. (2018). Implementasi Kegiatan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting) di TK Baitul Muttaqin Kecamatan Kadungora. 2(1).
Deviyanti, D. (2019). Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan tengah. 1(2), 380–394.
Erlindawati, E., & Novianti, R. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Kesadaran Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 65–79. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.214
Fanani, M. Z., Hasanah, U., Arieska, Y. V. S., Shoimah, D. N., Yuniarti, R., & Octania, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126
Fitri, A., & Syafri, F. (2020). Parenting Islami dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 1–17.
Hardianti, S., Muhammad, H., & Lutfi, M. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa (Program Alokasi Dana Desa Di Desa Buntongi Kecamatan Ampana Kota). Jurnal Katalogis, 5(1), 120–126. http://elkanagoro.blogspot.co.
Hasanah, R. (2022). Sosialisasi Peningkatan Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Wali Murid Peduli di SDN Gunungsari 04 Kecamatan Bumiaji Kota Batu. 1(3), 538–560.
Isnawati, P., Azizah, A. N., & Erika, V. N. (2022). Sosialisasi Pentingnya Parenting dalam Pembentukan Karakter Anak di Desa Bulusari. 1(2), 7–11.
Mahmudah, D. (2022). Implementasi Program Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) dalam Upaya Pencegahan Kekerasan pada Anak di Kota Sukabumi. 08(3), 5377–5388.
Muhammad Yogi Guntoro. (2016). Partisipasi Warga dalam Forum Musyawarah Desa sebagai bagian dari Demokrasi. 1–23.
Pinasti, A. S. A. dan V. I. S. (2019). Kontribusi Masyrakat Desa dalam Mengembangkan Desa Wisata Brayut Kabupaten Sleman. 1.
Rahmawati, Mone, A., & Mustari, N. (2021). Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Program Inovasi Desa Budi Daya Jamur Tiram Di Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. KIMAP Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 2(2), 561–604. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index
Ratiabriani, N. M., Bagus, I., & Purbadharmaja, P. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Program Bank Sampah : Model Logit. 53–58.
SARASWATI, E. E. (2019). Pengorganisasian Masyarakat dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Pertanian Holtikultura Ramah Lingkungan di Dusun Balongkare Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun.
sukmawati. (2022). Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. In Repository of UIN SATU Tulungagung.
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071
Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2130
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: