REVITALISASI MONUMEN PERS NASIONAL SURAKARTA MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
Abstrak
Monumen Pers Nasional (MPN) merupakan monumen dan museum tentang pers nasional di Indonesia, didirikan pada tahun 1978 yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah . Untuk mendukung terbentuknya museum yang modern pemerintah melakukan revitalisasi fisik pada MPN dimulai pada tahun 2018. Revitalisasi museum merupakan sebuah pembaruan untuk meningkatkan kualitas museum sesuai dengan fungsinya dan dapat menjadi tujuan yang dirasakan sebagai kebutuhan untuk dikunjungi oleh masyarakat. Salah satu bentuk revitalisasi museum adalah dengan mulai menggunaan teknologi digital yang didukung oleh perkembangan teknologi informasi. Perkembangan industri yang berada pada revolusi industri 4.0 mendorong masyarakat untuk menggunakan platform digital. Salah satu bentuk revitalisasi yang dilakukan MPN yakni memanfaatkan platform digital Instagram sebagai wadah penyaluran informasi dan media branding MPN. Situasional Theory of Public (STP) merupakan teori yang mengidentifikasi publik sesuai dengan kategorinya. Teori STP membantu peneliti dalam mengidentifikasi publik sehingga membantu MPN dalam menentukan target marketnya agar pengelolaan media sosial berjalan optimal. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa sosial media Instagram @monumenpers berjalan optimal, namun ada faktor hambatan yang perlu di perbaiki agar pengelolaan Instagram MPN tetap stabil.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adryamarthanino, V. (2021). Sejarah Surat Kabar Indonesia dari Zaman Belanda hingga Reformasi. Kompas.Com.
Alqifahri, M. M., & Bramantya, A. R. (2021). Lintasan Arus Produk Pers Indonesia: Program Digitisasi Arsip Surat Kabar di Monumen Pers Nasional Surakarta. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 14(2), 157. https://doi.org/10.22146/khazanah.64204
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). metodelogi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.); 1st ed.). CV Jejak Publisher.
Arief, F., & Sahroji, A. (2023). Kenapa Kunjungan ke Museum Jarang Diminati Simak Uraian Berikut. Era.Id.
Dihni, V. A. (2021). Instagram, Media Sosial Favorit Generasi Z di Dunia. Databoks.
Magdalena, A., Kriyantono, R., & Pratama, B. I. (2015). Identifikasi Publik Berdasarkan Persepsi Situasional pada Isu Seputar Pemilihan Umum Presiden Tahun 2014 pada Publik Kota Malang. Pekommas, 18(1), 37–44. https://doi.org/https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180104
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022 ,
Muslimah, T., Dida, S., & Setiyanti, Y. (2021). City Branding, Media Sosial City Branding Pariwisata dalam Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 17(2), 22–45. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.2.4087
Prabandari, A. I. (2021a). 5 Fungsi Handphone dalam Kehidupan Sehari-hari, Media Komunikasi hingga Penyimpanan. Merdeka.Com, 20. https://www.merdeka.com/jateng/5-fungsi-handphone-dalam-kehidupan-sehari-hari-media-komunikasi-hingga-penyimpanan-kln.html
Prabandari, A. I. (2021b). Revitalisasi adalah Proses Meningkatkan Kualitas, Ketahui Berbagai Contohnya. Merdeka.Com.
Pretzier, G. (2015). monumen pers nasional. Z. Naturforsch, 641(1991), 639–641.
Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Databoks.Katadata.Co.Id.
Sani, A., Syuderajat, F., & Koswara, A. (2018). Pengembangan Model Revitalisasi Akun Media Sosial Resmi Di Lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 904–906.
Sari, A. M. (2018). Sasar Generasi Milenial, Monumen Pers Nasional Bakal Lakukan Revitalisasi Tahun Depan. Solo.Tribunnews.Com.
Suparno, B. A., & Utami, Y. S. (2021). Revitalisasi dan Digitalisasi Monumen Pers Nasional Surakarta (I. Cawidu (ed.); 1st ed.). LPPM UPNVY Press.
Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(1), 31. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1385
Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2019). Pemanfaatn Media Sosial Intagram Sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perspustakan Jalanan Solo @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21–30.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1524
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: