PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BILANGAN BULAT
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hasil belajar Materi Bilangan Bulat yang diajarkan dengan mengunakan Media pembelajaran Quizizz dengan yang diajarkan menggunakan Media Papan tulis dan LKPD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Talawaan. Subjek penelitian ini yaitu Kelas VIIA yang menggunakan media pembelajaran Quizizz dan Kelas VIIB yang menggunakan media Papan Tulis dan LKPD. Pengumpulan data diperoleh dengan memberikan pretest kepada kedua kelas sebelum dilakukannya perlakuan, selanjutnya diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan Metode Quasi Experimental Design, dengan desain penelitiannya yaitu Posttest Only Control Group design. Pengujian analisis data ini dengan menggunakan (uji-t) dengan nilai t hitung = 3,87307 > t tabel = 1,68709 maka tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Pembelajaran Quizizz Lebih dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Papan Tulis dan LKPD pada materi bilangan bulat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Citra, Cahyani Almirah, & Rosy Brilian (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.
Mohammad Soleh (1998) Pokok-pokok Pelajaran Matematika Sekolah, jakarta, Depdikbud. Hal 12.
Purba, L.S. (2019) Peningkatan Konsentrasi belajar Mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizzz pada mata kuliah kimia fisika. I.JDP. 12(1) : 29.
Solikah, H. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. BAPALA, 7(3).
Subagio, F. M., & Kinanti, M. D. (2020). Pengembangan LKPD Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas IV SD. JPGSD UNESA, 8.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi. (2013). Matematika realistik dan implementasinya dalam proses pembelajaran matematika. Salatiga: UKSW
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1477
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: