PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP VIRUS DI MAN 4 PIDIE

Erlina Erlina

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subjek penelitian di kelas tersebut. Pada awal penelitian tindakan menjadi salah satu model penelitian yang dilakukan pada bidang pekerjaan tertentu dimana peneliti melakukan pekerjaannya, baik dibidang pendidikan, kesehatan, maupun pengelola sumber daya manusia. Salah satu contoh pekerjaan utama dalam bidang pendidikan adalah mengajar di kelas. Dengan demikian yang menjadi subjek penelitian adalah situasi di kelas, individu siswa, atau di sekolah. Dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 MAN 4 Pidie yang berjumlah 26 siswa. Pembatasan ruang lingkup ini bertujuan untuk memudahkan peneliti dalam mengumpulkan dan mengelola informasi dikarenakan ruang lingkupnya tidak terlalu luas, di samping itu dengan pembatasan subjek peneliti pada satu kelas, akan menghemat waktu yang peneliti gunakan. Berdasarkan hasil pegolahan data terlihat bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik sesuai dengan perolehan nilai 3,80. Hal ini karena guru yang merupakan peneliti sudah mempersiapkan perangkat pembalajaran question student have secara cermat. Kemampuan guru melakukan perbaikan-perbaikan melalui refleksi setelah pertemuan pembelajaran berlangsung merupakan faktor penting agar dapat lebih baik pada pertemuan berikutnya. Respon yang diberikan siswa terhadap pembelajaran materi virus dengan menggunakan metode pembelajaran question student have sangat baik. Hal ini sesuai dengan hasil angket dengan nilai 83,33 % yang menyatakan bahwa senang terhadap kegiatan pembelajaran tersebut. Rasa sengang siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran ini menimbulkan rasa puas bagi siswa. Rasa senang siswa juga disebabkan oleh untuk bekerja sama dalam kelomok dalam menyelesaikan tugas pada LKS dengan persentase 15 % pada setiap RPP. Kata Kunci : Question Student Have, Pembelajaran Konsep Virus.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas Sudijono, Pengantar Statistik

Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers,

Aristiawan Nugroho, Pembelajaran Questiont Student Have. Surakarta:2009.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. Raja

Grafindo Persada, Jakarta, 1997.

Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Renda Karya,1994.

Fedik A. Rantam, VIROLOGI, Cet.1.

Surabaya, Airlangga University, 2005.

Hadari Nawawi, Pengaruh Hubungan Manusia Dikalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar di SD, Analisis Pendidikan, Jakarta ; Depdikbud, 1970.

http://jamumanjur.com/herbal/campak- measles

http://lehawir.blogspot.com/2010/10/berbagi

-ilmu-proposal-question-students.html

Jewetz, Mikrobiologi Kedokteran, Jakarta: Salemba Medika,2005.

Judi Al-Faransi dan Fauzan Naif, Kunci

Sukses Belajar, Semarang: Aneka Ilmu,

Kartini Kartono, Bimbingan Belajar Di SMA dan Pengaruh Tinggi, Jakarta: C.V Rajawali, 1985.

Martensi dan Mungin Edi Wibowo, Identifikasi Kesulitan Belajar, Semarang: IKIP, 1980.

Moh. Surya, Psikologi Pendidikan, Bandung: IKIP,1981.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta : Logos, 1999.

Mulyasa, menjadi guru professional, (Bandung, PT Remaja Rosda Karya,

Nasution, Tehnologi Pendidikan, Jakarta, Bumi, 1994.

Oemar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 1983.

Pelezar, Dasar-dasar Mikrobiologi.

Universitas Indonesia, UL-Press.

Raharja, Umar Tirta, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Sibelmen, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Cet. 111, Bandung: Nuansa, 2006.

Slamento, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Cet. III, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Sudoyo. Aru W, Ilmu Penyakit Dalam Jilid 3

Edisi 4 Jakarta, Juli 2006.

Sugiarti, Biologi, Jakarta: Ganeca Exact,

Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindaka

Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

The Liang Gie, Cara Belajar yang Efisien, Yogyakarta: UGM, 1981.

Trimaryati, kk, IPA Biologi Jakarta Erlangga




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v2i1.140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: