UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA KELAS V MIN 8 ACEH BARAT

Fedry Saputra

Abstract


Keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah dapat tercapai. Proses pembelajaran akan lebih efektif apabila siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran. Tantangan pendidikan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dimasa depan disadari akan semakin berat. Hal ini merupakan konsekuensi kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan yang semakin maju pesat, menghasilkan inovasi di bidang ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan dirasakan lebih pesat dibandingkan dengan inovasi dalam bidang pendidikan.Peningkatan kualitas pendidikan pada saat ini menjadi perhatian. Berdasarkan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM)ndapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran  di kelas V MIN 08 Aceh Barat dengan adanya hasil uji coba memberikan soal post test dari 20 siswa ada peningkatan secara signifikan.

References


Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta : Teras, 2009

Anna Poedjiati, Sainst Teknologi Masyarakat, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007

Anna Poedjiati, Sainst Teknologi Masyarakat, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007

Asy’ari, Muslichach, penerapan pendekatan STM. Jakarta:depdiknas,2006.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni , Teori Belajar dan pembelajaran, Ar-ruzz Media. 2007

Hasjuniati, Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan pemahaman Tentang Energi dan Penggunaanya. Kreative Tadulako Vol.3

Ngalim Purwanto, Psikologis Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D, Bandung : Alfa Beta, 2009

Suhartono, Pengemasan Sains Teknologi Masyarakat (S-T-M) untuk pembelajaran IPA SD, di sajikan dalam bentuk artikel

Trianto, Model Pembelajaran terpadu dalam teori dan Praktek.Jakarta,2007




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i2.1666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.