IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP DAMPAK BAHAYA NARKOBA DI SMA

Windi Sarra, Teuku Fadhli, Muqarramah Fitri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat Keefektivitas layanan bimbingan Klasikal dengan teknik modelling untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap dampak bahaya narkoba di SMA negeri 2 mutiara, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa eksperimen dengan Group Pretest-Postest Control Group desain penelitian. Dengan jumlah subjek penelitian, 60 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol.. Berdasarkan hasil olah data tersebut, diperoleh nilai  nilai uji T independent sampel test sig.(2-tailed) diketahui nilai signifikansi sig (2-tailed) Pretest Equal Variances Assumed adalah sebesar 0,028 > 0,05, dan sig (2-tailed) Pretest Equal Variances Assumed adalah sebesar 0,022 > 0,05 dan  nilai sig.(2-tailed) pretest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebesar 0.185>0,05, dan nilai sig.(2-tailed) posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebesar 0.050>0,05, Sehingga dapat disimpulkan bahwa HO diterima yang artinya Ha ditolak.

Kata kunci: Layanan Klasikal, teknik Modelling, Narkoba


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Mastur dan Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra. Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Andriati, Novi. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling

Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. Jurnal Konseling Gusjigang.

Ulfa, M. (2018). Meningkatkan Perilaku Proposial Melalui Layanan Bimbingan Konseling Teknik Modelling. Jurnal Edukasi Cendikia,

Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan.

Ulfa, M. (2018). Meningkatkan Perilaku Proposial Melalui Layanan Bimbingan Konseling Teknik Modelling. Jurnal Edukasi Cendikia.

Yusuf, A.M. 2014. Metode Kuantitaif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maudy Pritha Amanda, “Penyalahgunaan Narkoba dikalangan Remaja”, Jurnal penelitian & PPM, Vol 4 No : 2 juli 2017.

Juliana Lisa FR, Nengah Sutrisna “’Narkoba, Psikotropika dan Gangguan Jiwa tinjauan Kesehatan dan hukum”, Yogyakarta : Nuha Medika, 2013.

Achmad Juntika Nurihsan, : “Strategi Layanan Bimbingan & Konseling edisi revisi”, Bandung : PT Refika Aditama, 2017.

Djamarah, S. B & Zain, A (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka CiptaKonseling, B. et al. no date. ‘Penerapan Bimbingan Klasikal Metode Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Narkoba Pada Siswa Sman 1 Gedeg Sherina Indarwati Syafa ’ ah’.

Rambe, S.G. & Karneli, Y. 2022. ‘Efektivitas Layanan Informasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Di Sma N 5 Padang., Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.