Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi

Silvia - Afrillia, Teuku Fadhli, Zamratul Aini

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan KePerguruan Tinggi Di MAS Unggul Nurur Rasyad Al-Aziziyah. Kuantitatif dalam penelitian ini bersifat asosiatif. Mengunakan metode penelitian kuantitatif yang berupa korelasional. Jumlah subjek penelitian yang bisa diambil 30 siswa/siswi. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan penganalisis data dengan bantuan SPSS 27 for software windows. Hasil Uji Korelasi Pearson dari nilai yang telah diperoleh dalam deviation linearity sig nilainya yaitu 0,046 > 0,05. Selanjutnya nilai pearson correlation yang diperoleh adalah 0,520, kembali kepedoman interpretasi derajat hubungan uji korelasi jika nilai pearson correlation 0,41-0,70 maka korelasi sedang. Berdasarkan Nilai r Hitung pada tabel yang diperoleh nilai r hitungnya 0,520 sedangkan nilai r tabel 0,349. Jadi nilai r tersebut adalah (0,520 > 0,349). Sehingga dapat disimpulkan kembali bahwa nilai penelitian menunjukan Korelasi Pearson terdapat pengaruh yang positif sedang dalam minat siswa melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adesemowo, P.O. (2022). The Meaning And Scope Of Education. Nigeria: Olabisi Onabanjo University.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, R., & Hasanah, N. (2020). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Kelas VII MTS Budaya Langkat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2226.https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.282.

Azkiya, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua, Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Bahri, Syamsul., dan Zamzam, Fakhri. (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM AMOS. Yogyakarta: Deepublish.

BPS Pidie. (2021). Pendidikan Kabupaten Pidie. Diakses dari: https://pidiekab.go.id/pages/49/pendidikan.

Deli, R. P., et al. (2020). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar, Pendapatan Orang Tua, Perencanaan Karir Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa SMA S Al Istiqamah. prospek Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2(2), 171-180,

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djaelani, Mustofa. (2010). Metode Penelitian Bagi Pendidik. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Fathanah, A. Aulia., et al. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Bulukumba. Pinisi Journal Of Education, 3(2). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/download/44516/20748.

Fauziyah. (2019). Auditing – Metodologi dan Kertas Kerja. Jakarta : Indomedia.

Goldhaber, D., Krieg, J., Theobald, R., and Brown, N. (2015). Refueling the STEM and special education teacher pipelines. Phi Delta Kappan, 97, 56-62. https://doi.org/10.1177/0031721715619921.

Hanifa, H. P., & Muslikah. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 136-153.

Hardani., et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr, 15(1).

Istiqomah., et al. (2018). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya, Motivasi Dan Minat Karir Terhadap Pemilihan Program Studi Akuntansi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), Vol.3(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v3i2.3801.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.