PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING UNTUK MATERI PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Muhibbul Zifri, Maryanti Maryanti, Fitriyani Fitriyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi e-learning yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif. Dalam era digital, kebutuhan akan teknologi pendidikan yang efektif semakin meningkat, dan aplikasi e-learning menjadi solusi yang potensial. Aplikasi ini dirancang untuk menyediakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif, dengan fitur-fitur seperti video tutorial, kuis, forum diskusi, dan evaluasi otomatis. Metodologi pengembangan yang digunakan adalah metode Agile, yang memungkinkan proses desain yang iteratif dan responsif terhadap umpan balik pengguna. Studi ini melibatkan uji coba aplikasi pada sekelompok siswa untuk mengevaluasi efektivitas dan tingkat kepuasan pengguna. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memfasilitasi pemahaman materi secara lebih mendalam. Dengan demikian, aplikasi e-learning ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam mendukung proses pembelajaran di berbagai institusi pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

A. Jimi. (2020). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Web Pada SMP N 2 Busalangga. Jukanti. Universitas Citra Bangsa

Luke Welling dan Laura Thomson (Edisi terbaru pasca 2019) juga membahas PHP sebagai bahasa yang sangat fleksibel dan serbaguna untuk pengembangan web modern. Buku "PHP and MySQL Web Development"

Cheng, HY, & Tsai, CC (2019). Interaksi anak dan perangkat seluler dalam pendidikan anak usia dini: Sebuah tinjauan sistematis. Komputer & Pendidikan, 140, 103593. Halaman 10-11.

Huang, RH, Tlili, A., Chang, TW, Zhang, X., Nascimbeni, F., & Burgos, D. (2020). Kelas yang terganggu, pembelajaran tanpa gangguan selama wabah COVID-19 di Tiongkok. Penerapan praktik dan sumber daya pendidikan terbuka. Lingkungan Belajar Cerdas, 7(1), 1-15. Halaman 3-5.

Jabarullah, N.H., & Hussain, H.I. (2019). “Efektifitas Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi: Studi Kasus University College of Bahrain,” Teknologi Pendidikan dan Informasi, 24(4), 2731-2751.

Kania R, Umam C, dan Sumarti W. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajan On-Line Berbasis E-Learning Pada SMP Islam Nurul Ikhsan. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi. Universitas Banten Jaya.

Khan, B. H. (2005). Managing e-learning strategies: Design, delivery, implementation, and evaluation. IGI Global.

Lawrence, JE, & Tar, UA (2018). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi dan Integrasi TIK oleh Guru dalam Proses Belajar Mengajar,” Educational Media International, 55(2), 126-145.

Priyatin Hani, Septiana Laila. (2021). Perancangan Aplikasi Website E-Learning Menggunakan Model Spiral Pada SMP Diponegoro 1 Purwokerto. JISICOM (Jurnal Sistem Informasi Informatika dan Komputasi). Universitas Nusa Mandiri Jakarta.

Sharipuddin, Effiyandi, dan Dwi. (2019). Perancangan Aplikasi E-Learning Pada MTS Negeri 1 Merangin. Jurnal Processor. Universitas Dinamika Bangsa di Jambi.

W3Schools. (n.d.). HTML Introduction. https://www.w3schools.com/html/html_intro.asp

W3Schools. (n.d.). CSS Introduction. https://www.w3schools.com/css/css_intro.asp

Yuni Utami T. D, dan Assegaff S. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem E-Learning Pada SMP Negeri 7 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. Universitas Dinamika Bangsa di Jambi.

Zulkarnain MA, Raharjo M, dan Olivya M. (2020). Perancangan Aplikasi Chatbot Sebagai Media E-Learning Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah. Universitas Politeknik Negeri Ujung Padang.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.