PENGEMBANGAN SISTEM PELAYANAN TERPADU SATU PINTUUNTU7K MENINGKATKAN PELAYANAN PULIK PADA KANTOR PPTSP KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN LARAVEL DAN BOOTSRAP
Abstrak
ABSTRAK
Sistem informasi manajemen Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu merupakan sistem informasi yang terintegrasi dan berbasis internet dimana pemohon bisa mengakses informasi yang berupa jenis-jenis izin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi manajemen pelayanan perizinan dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat Pengembangan aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum sebagai macam data yang dikumpul dari lapangan secara objektif dengan tipe fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap sejumlah informan. Analisis data menggunakan model analisa interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan berbasis sistem informasi manajemen pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie secara umum telah terlaksana cukup baik, terlepas dari beberapa kelemahan yang ada di dalam proses layanannya. Hal ini dilihat dari segi (1) Perilaku dasar, (2) Teknologi, (3) Penggunaan, (4) Pengembangan dan (5) Manajemen. Faktor pendukung dalam layanan ini ialah (a) Komitmen aparat untuk berperilaku dan menjalankan kewajibannya sesuai dengan standar operasional yang berlaku sehingga tentunya dengan hal ini akan membawa dampak potistif di dalam pelayanan yang berlangsung. Faktor penghambat yaitu (b) Infrastruktur, dimana ketersediaan sarana dan fasilitas pendukung yang belum sepenuhnya baik sehingga masih perlu untuk dilakukan pembenahan agar penggunaanya dapat maksimal.
Kata Kunci : Pengembangan, Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Framework, Laravel
ABSTRACT
The One Stop Integrated Licensing Services management information system is an integrated and internet-based information system where applicants can access information in the form of types of permits. This study aims to determine the licensing service management information system and determine the supporting and inhibiting factors for the development of the One-Stop Integrated Service (PTSP) application for the Regional Government of Pidie Regency. The type of research used is qualitative, namely a form of research that aims to provide an overview as a kind of data collected from the field objectively with a phenomenological type. Data collection techniques used are observation, interviews with a number of informants. Data analysis uses an interactive analysis model. The results of the study show that services based on management information systems at the One Stop Service Office (PTSP) of the Pidie Regency Regional Government have generally been implemented quite well, despite some of the weaknesses that exist in the service process. This is seen in terms of (1) basic behavior, (2) technology, (3) use, (4) development and (5) management. Supporting factors in this service are (a) Commitment of officers to behave and carry out their obligations in accordance with applicable operational standards so that of course this will have a positive impact on ongoing services. The inhibiting factors are (b) Infrastructure, where the availability of facilities and supporting facilities is not fully good so that improvements still need to be made so that their use can be maximized.
Keywords: Development, One Stop Service System, Framework, Laravel
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.