PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ASUS DI KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE

Zulkifli Zulkifli, Muhammad Razi

Abstrak


Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus di Kota Sigli Kabupaten Pidie (Studi Kasus Pada Toko Marsya.Com Sigli)”. Data hasil penelitian dianalisis dengan peralatan statistik sederhana antara lain distribusi frkuensi, persentase dan rata-rata. Untuk mengukur kehandalan variabel dalam kuesioner diterapkan analisis Cronbach Alpha pada taraf signifikansi 0,5. Untuk membuktikan hipotesis lebih lanjut digunakan peralatan Pearson’ Correlation, Linear Regression, dan t-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda di atas dapat dijelaskan bahwa nilai constanta sebesar 4,400 dan nilai koefisien regresi motivasi sebesar 0,374 dapat diartikan bahwa setiap 1% kenaikan citra merek yang baik (X1) akan meningkatkan keputusan pemeblain laptop asus di Kota Sigli pada toko Marsya Com Sigli Kabupaten Pidie sebesar 0,374%. Ini artinya terjadi peningkatan keputusan pembelian pengaruh citra merek. Nilai koefisien regresi komitmen  sebesar 0,447 dapat diartikan bahwa  kualita produk (X2) akan meningkatkan keputusan pembelian laptop asus di Kota Sigli di toko Marsya Kabupaten Pidie 0,447%. Ini berarti terjadi peningkatan keputusan pembelian terhadap laptop asus di Kota Sigli pada toko Marsya Kabupaten Pidie. Dari kedua variabel yang diteliti ternyata variabel citra merek  (X2) mempunyai pengaruh yang dominan sebesar 8,15 % terhadap keputusan pembelian. Hubungan variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel citra merek (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian dengan indeks korelasi sebesar 66,4% ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker. 2011. Ekuitas Merek. Edisi Indonesia. Jakarta: Mitra Utama.

Adisaputra. 2011. Pengaruh Barand Image Speedy Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan. Semarang: Univesitas Diponogoro

Alfian. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Penerbit Andi

Armstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen, Penerbit Erlangga, Jakarta

_________. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Aris Ananda.2010. Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press

Buchori Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta : Alfabeta

Dessy Amelia Fristiana.2015. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Manajemen

Erika Putri Pratiwi. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Komsumen Sepeda Motor Yahama Jupiter Z. Fakultas Ekonomi Universitas USU

Ferinda Dewi. 2009. Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fandy Tjiptono, F. 2009. Manajemen Jasa.Yogyakarta : Andi Offset.

Frendy, 2011. Metodelogi Penelitian Pemasaran. Bandung:Widya Aksara Press

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta: Andi.

Freddy Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Feigenbaum. 2010. Manajemen Peningkatan Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press

Firman Kurniawan. 2018. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan pembelian. Univesitas Sumatra Utara. Jurnal Vo IX.

Gaspersz. 2009. Total Quality Management (TQM). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gujarati, D.N. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C. Jakarta Selemba Empat, buku 2, edisi 5

Ghozali, Iman. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Handoko. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung. Persada Press.

Ika Putri Iswanyanti. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Nuraeni. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Perdana. 2010. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Prasetijo. 2014. Akses Peran Serta Masyarakat Lebih Jauh Memahami Community Development. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Prana Sabriana Tamimi. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Dell di Kota Semarang. Jurnal. Vol 5.

Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Sofjan Assauri. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi,edisi pertama.Jakarta:Rajagrafindo.

Sutisna. 2011. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta :Salemba empat

Suryani. 2009. Prinsip Pemasaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Supranto. 2010. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: UI Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung. Alfabeta.

________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Widiartanto. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Dell di Kota Semarang. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Diponegoro

Yunita Sawitri. 2012. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Linda Karya : Bandung




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v2i1.533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.