Analisa Online Customer Review (OCR) dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Pembelian Usaha Catering

Nadia Ulfa, Teuku Isnaini, Ismayli Ismayli

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini 100 orang, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 87,3% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara online customer review (X1) dan kepercayaan (X2) dengan keputusan pembelian (Y). artinya semakin erat pula hubungan antara online customer review dan kepercayaan memiliki hubungan yang erat dengan keputusan pembelian dengan nilai sebesar 87,3% dalam katagori hubungan yang kuat. Sedangkan nilai koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 76,3% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor online customer review dan kepercayaandengan keputusan pembelian. Uji F diperoleh F-hitung sebesar 156.141 dan F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 2.31 (tabel F). Berdasarkan hasil uji F tersebut maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel. Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho. 

 

Kata Kunci: Online customer review, kepercayaan dan keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agalela. (2019). Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Penjualan Pt. Yakult Indonesia Persada Cabang Bandar Jaya. Jurnal Simplex, 2(3), 146–153.

Aini, K., & Rahmawati, P. (2019). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pelanggan Allfamifi Super Jalan Kaliurang Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 60–68.

Ana, N., Rijal, S., Mustari, M., Dinar, M., & Hasan, M. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Price Discount terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Business and Accounting Education Journal, 2(3), 260–267. https://doi.org/10.15294/baej.v2i3.55830

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 4(3), 399–409. https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Buulolo, Y. H. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI BISNIS DAN MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UD. SUANG KECAMATAN LAHUSA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 5(2), 18–32.

Duha, R., & Siagian, M. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Luar Garis Coffee. eCo-Buss, 6(1), 166–178.

Edwin. 2o2o. PENGARUH TAMPILAN WEB DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 1, April 2020, 35?43 doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35?43 p-ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X.

Fadhilah, M., Dwi Cahyani, P., & Nurrohmah, M. (2022). Meningkatkan keputusan pembelian melalui integrated marketing communication (imc), brand positioning dan kualitas produk. FORUM EKONOMI, 24(1), 65–72. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Japlani, A., & Suryadi. (2022). Pengaruh Tangibles, Repronsiveness, dan Reliability terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengiriman di Lampung. Jurnal Manajemen, 16(2), 332–340. http://fe.ummetro.ac.id/ejournal/

Khasbulloh, M. W., Qusaeri, M. A. Al, & Khasanah, M. (2023). Pengaruh Keunggulan Produk dan Keunggulan Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di CV. Pucuk Daun Lestari. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(2), 170–189.

Lailatul, Istiqomah, (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW , KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi terhadap Mahasiswa pengguna Platform Pasar Online. JURNAL JAEM Vol 1 No. 1 Maret (2021) Hal 76-88, P-ISSN : 2809-655X E-ISSN : 2809-6487.

Livia, Nita. (2021). ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEWS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT Volume 10, Nomor 3, Tahun 2021, Halaman 1 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr ISSN (Online): 2337-3792.

Nailil Muna, C. (2020). Integrated Marketing Communication pada Heri Pemad Management Studi Kasus International ARTJOG MMXIX. JURNAL TATA KELOLA SENI, 6(1), 1–17.

Nurfajriani, N. (2020). PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN (HARAPAN PELANGGAN) DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INTERNET (STUDI KASUS PADA PELANGGAN INTERNET PT. TELKOM CABANG BIMA). Jurnal Manajemen Mandiri Saburai, 4(3), 19–28.

Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 18–24.

Mahyani, M., & Wulandari, S. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Target Penjualan (Studi Kasus PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Syntax Idea, 3(8), 1903. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1411

Mutiara, Riani, (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN, Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi, Unkris. Vol.8. No. 2,

Octavianita, R. (2021). PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN (STUDI KASUS PT. SETIAWAN SEDJATI). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 218–227.

Putri, Andriani. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi Vol. 21, No. 2, April 2023, Hal 130-141.

Rugaya, S. (2015). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza pada PT. Hadji kalla cabang urip sumoharjo di kota makassar.

Safitri, Keny. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, RATING, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA APLIKASI TOKOPEDI, Manajerial, Vol. 21 No.2 Desember 2022, Hal - 153 http://ejournal.upi.edu/index.php/ manajerial.

Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). BUSINESS MANAGEMENT AND ENTREPRENEURSHIP JOURNAL, 1(3), 169–184.

Santoso, P. Y. (2019). TRANSFORMASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DI ERA DIGITAL. JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, 1(2), 313–326.

Siska, Bella, (2023). ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING MELALUI E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal CommLine, Volume 08, No. 02, July 2023, hlm 124-132 ISSN: 1907-5448 (cetak), ISSN: 2963-8615 (online) Website: http://jurnal.uai.ac.id/CommLine 124.

Sumarsan Goh, T., & Nur Subiantoro, dan. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SEGMENTASI PASAR TERHADAP TARGET PENJUALAN PT. HORASINDO WISATANUSA. 7(2).

Syahputra Salim, H., Sumarsan Goh, T., & Margey, E. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. FURNILUX INDONESIA. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1), 9–21.

Vicky. F Sanjaya, (2020). ONLINE CONSUMER REVIEW, BRAND COMMUNITY, TRUST AND CONSUMER PURCHASE DECISIONS IN Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 4 No. 2 Sepember 2020 273 Online Cunsumer Riview, Brand … Ad-Deenar E-ISSN: 2614-8838 P-ISSN: 2356-1866 Doi: 10.30868/ad.v4i02.945.

Vernanda, W. (2020). ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, BRAND TRUST DAN HARGA KOMPETITIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED MEREK SASTERLAND PADA PD ANGGREK DI PONTIANAK. Bisma, 5(6), 1326–1337.

Wiwit (2023) dengan judul Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian : Studi Pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen. 43–53. https://doi.org/10.36987/ ecobi.v7i1.1528

Zahara, Z. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(3), 535–546. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/index




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v5i2.3152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

 
  

     

  
 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.