EFEKTIVITAS PENERAPAN SEGMENTASI PASAR DAN POSITIONING TERHADAP MINAT BELANJA DI INDOMARET KECAMATAN BANDAR DUA

Alfiansyah Alfiansyah, Zulkifli Zulkifli, Muhammad Nur

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan segmentasi pasar dan positioning terhadap minat belanja di Indomaret Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden, data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = = 4.930 + 0.501X1 + 0.310X2. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 87,3% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara strategi penerapan segmentasi pasar, dan faktor positioning dengan minat belanja. Nilai koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 76,3% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor strategi penerapan segmentasi pasar dan positioning dengan keputusan pembelian. sedangkan selebihnya 23,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini. Uji T diperoleh nilai T-hitung lebih besar dari T-tabel, sedangkan Uji F diperoleh F-hitung sebesar 156.141 dan F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 2.31 (tabel F). Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho.
Kata Kunci: Penerapan Segmentasi Pasar, Positioning dan Minat Belanja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daffa Kresna Ajy, M., & Purnama, bani. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing IKEA. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(01), 69–84. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Hasanah, T. (2021). ANALISIS PENGARUH POTONGAN HARGA DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDOMARET LAHAT. MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1), 55–63. http://jurnal.um-palembang.ac.id/motivasi

Hidayah, N., & Sulaiman, R. Tk. (2023). PENGARUH SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) YANG DIINTERVENING PROMOSI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN DI UMKM ROCKET CAFE. MABIS: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.310.

Herawati, H., & Muslikah, M. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SARIAYU PUTIH LANGSAT (Studi Kasus Pada Factory Outlet PT. Martina Berto Tbk.). KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 17–35.

Nurfajriani, N. (2020). PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN (HARAPAN PELANGGAN) DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INTERNET (STUDI KASUS PADA PELANGGAN INTERNET PT. TELKOM CABANG BIMA). Jurnal Manajemen Mandiri Saburai, 4(3), 19–28.

Ratnawili, R., & Febrianty, D. (2023). Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Baju Di PTM Bengkulu. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 463–470.

Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2018). STRATEGI PEMASARAN STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) PADA LARISSA AESTHETIC CENTER CABANG JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 68–72. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793.

Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). BUSINESS MANAGEMENT AND ENTREPRENEURSHIP JOURNAL, 1(3), 169–184.




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v4i2.2213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

 
  

     

  
 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.