ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DAN SISTEM PELAYANAN MEDIA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Produk Smart Phone di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan sistem pelayanan media online dengan keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4.351 + 0.474X1 + 0.371X2.Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 91,1% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor komunikasi pemasaran dan sistem pelayanan media online dengan keputusan pembelian. Nila koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 83% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor komunikasi pemasaran dan sistem pelayanan media online dengan keputusan pembelian. Pengaruh komunikasipemasaran dan sistem pelayanan media online sebesar 83% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji T dan uji F maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel, dengan demikian menerima hipotesis ha dan menolak ho.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, sistem pelayanan media online dan keputusan pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, D., Najib, M., & Suharjo, B. (2016). Pengaruh Personalisasi Iklan Online terhadap sikap dan minat beli konsumen, Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3), 367–386.
Aini, K., & Rahmawati, P. (2018). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pelanggan Allfamifi Super Jalan Kaliurang Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 60–68.
Logaham, J. M., & Putri, Y. T. E. (2018). Pengaruh komunikasi pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan di 7-Eleven Buaran. Binus Business Review, 4(2), 886–896.
Lustono, L., & Laila Cahyani, F. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital atau Online dan Viral Marketing terhadap keputusan pembelian pada Belanja Dolo Online Shop di Kecamatan Banjar Negara, Jurnal Medikonis, Taman Siswa Banjar Negara, 20, 11–24.
Nur Rohmah, S., & Oktapiani, S. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian masker medis sensi pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 43–49.
Nurani, N., & Widhajati, E. (2019). Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal Benefit, 6(1), 58–66.
Putri, F., Ngurah Widyatmaja, G., & Rahyuda, I. (2019). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awarness pengelola manajemen vila di bali coconut living.Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 3(1), 226–239.
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Rhesy Modompit, V., Bintang Kalangi, J., & Sumual, J. I. (2020). Analisis permintaan transportasi gojek online di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(3), 140–151.
Riduansah, R. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian online shop (Stdu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Samarinda). Jurnal Riset Inossa, 2(2), 71–79. https://mediaindonesia.com,
Rugaya, S. (2015). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza pada PT. Hadji kalla cabang urip sumoharjo di kota makassar.
Syahputra, J. D., & Prayitno, B. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja, Jumlah Pembeli Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Krian, Kabupaten Sidoarjo Pada Tahun 2019. Jurnal Economie, 2(1), 68–81.
Nova, S., Abdullah, H., Mahrizal, M., & Yanti, E. M. (2023). Pengaruh Komunikasi dan Etos Kerja Terhadap Efektifitas Kerja. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 96104.
Yanti, E. M. (2021). Analisis Profitabilitas Bank Syariah BUMN Pasca Merger dan Kesadaran Masyarakat terhadap Produk Perbankan Syariah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekobismen, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v4i1.1701
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |