ANALISIS FAKTOR DIFFERENSIASI PRODUK DAN MARKET SHARE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN AKSESORIS WANITA DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk faktor differensiasi produk dan market share terhadap tingkat penjualan Aksesoris wanita di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner, analisis data menggunakan regressi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 86,3% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor differensiasi produk dan faktor market share dengan tingkat penjualan, artinya semakin erat pula hubungan antara differensiasi produk dan market share memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan penguna jasa dengan nilai sebesar 86,3% dalam katagori hubungan yang kuat. Nilai koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 84,7% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara factor differensiasi produk dan market share dengan tingkat penjualan. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin baiknya dilaksanakan dan ditingkatkan differensiasi produk dan semakin meningkat market share maka semakin berpengaruhnya terhadap tingkat penjaualan. Pengaruh differensiasi produk dan market share sebesar 84,7% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap tingkat penjualan, sedangkan selebihnya 15,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini.
Kata Kunci: Differensiasi produk , market share dan tingkat penjualan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astrit, (2018). Pengaruh Differensiasi dan harga serta Pangsa Pasar terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal: Manajemen, FE, UNES.
Darkasyi, (2020). Pengaruh Market Share dan Kualitas Produk terhadap Penjualan Produk. Jurnal: Manajemen, FE, USU, Medan.
Elly, Joenarni, (2021). Elly (2021). Pengaruh diferensiasi produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Holcim Mortar di Kota Mojokerto Jurnal: manajemen FE, Universitas Mayjen Sungkono.
Fauziah Nur Simamora (2017). Pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Jurnal: Manajemen, FE USU Medan.
Gerry Doni Ratela (2019), Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk, dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Manajemen Coffee Island. Jurnal : Manajemen, FE Universitas Trisakti.
Nela Hilma (2020). Pengaruh market share dan perluasan pasar terhadap volume penjualan, Jurnal: Manajemen, FE, USU.
Resnawati (2020). Pengaruh Pelaksanaan Diferensiasi Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen di PT Indri Cipta Aditama Bandung. Jurnal: Manajemen, FE, Unpad.
Sudjana, (2017). Dasar-dasar Statistika, Erlangga, Jakarta.
Sukma Adi Nugraha (2018). Pengaruh diferensiasi produk, lokasi dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada Pemancingan dan Restoran Tirta Alam. Jurnal: Manajemen FE Universitas Andalas.
Yandi, (2020). Pengaruh Market Share dan Kualitas Produk terhadap Volume penjualan, Jurnal: manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas trisakti
Yudhi Ardianto. 2011. Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Produk PT. Djarum Indonesia. Jurnal: Manajemen, FE UI.
Abdurrahmat, Fathoni (2017). Manajemen Sumber daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Admadjaya. 2016. Pengelolaan Administrasi, Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi.2017. Prosedur Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Rineka Cipta.
Daft, Armaja.2018. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gunung Agung.
Darmawan, Wibisono (2011). Manajemen Kinerja , Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Desler, 2016, Manajemen Personalia, Jakarta: Pustaka Nasional
Edwin, Plippo. 2016. Manajemen Personalia dan Evaluasi Kinerja, Jakarta: Pustaka Nasional.
Gibson, 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko, Hani, 2016. Manajemen personalia dan sumber daya manusia, Edisi Revisi, Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Haryadi, Sarjono, Winda Julianta. 2017. SPSS vs Lisreel sebuah pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta:Erlangga.
Kesumanjaya. 2018. Prilaku Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Manullang, M, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Cita Pustaka.
Mangkunegara, P. 2016. Perilaku Organisasi,Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.
Rivai. 2019. Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan, Jakarta: Pustaka Nasional.
Richard, (2011). Sistem pelatihan Kerja, Jakarta: Pustaka Nasional
Robins. 2017. Sistem pelatihan Kerja, Jakarta: Pustaka Nasional.
Sutanto, 2018. Pengorganisasian, Jakarta: Gramedia Grafika.
Sutidjo, 2019. Manajemen personalia, Jakarta: Gunung Agung
Sudjana, 2017. Dasar-dasar Statistika, Jakarta: Erlangga.
Supranto, 2017. Pengukuran Kepuasan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sucipto. 2018. Manajemen Kinerja, Filsafat Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sondang, Sialahi, 2018. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, Jakarta: Gunung Agung.
Thamrin, 2019. Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan, Jakarta: Pustaka Nasional
Trigono, 2019.Manajemen Kinerja. Jakarta: Bandung: Salemba Empat.
Wibowo, 2017. Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v4i1.1700
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |