PENGELOLAAN KEARSIPAN TERHADAP EFESIENSI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PIDIE
Abstrak
Salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi adalah arsip (record). Menurut Fathurrahman (2018: 215) Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi. Arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi organisasi dan untuk kepentingan organisasi yang lain. Fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka harus ada manajemen atau pengelolaan arsip yang baik sejak penciptaan sampai dengan penyusutan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti terbatas dalam mengungkapkan suatu masalah atau keadaan maupun peristiwa sebagaimana adanya untuk mengungkapkan fakta dan memberikan gambaran secara objektif tentang keadaan sebenarnya dari objek yang akan diteliti, kemudian Sugiono (2010:11) berpendapat bahwa pada penelitian kualitatif bertujuan untuk mengungkapkan informasi kualitatif sehingga lebih menekankan pada masalah proses dan makna dengan cara mendiskripsikan suatu masalah.
Struktur Organisasi tersebut merujuk kepada Peraturan Daerah Kabupaten Pidie Nomor 14 Tahun 2014. Bagian Struktur Organisasi Dinas Perhubungan sebagaimana tercantum dalam lampiran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Bupati. Dinas Perhubungan atau biasa disingkat Dishub daerah Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan kebijakan perhubungan atau transportasi untuk daerah Kabupaten Pidie.
Pengelolaan kearsipan adalah suatu kegiatan yang meliputi penerimaan, pengarahan, pencatatan, pengendalian, penyimpanan, penemuan kembali. Arsip adalah setiap catatan tertulis baik dalam bentuk gambar ataupun bagan yang memuat keterangan-keterangan mengenai sesuatu subyek (pokok persoalan) ataupun peristiwa yang dibuat orang untuk membantu daya ingatan orang. Arsip statis adalah arsip yang tidak dipergunakan secara langsung dalam penyelenggaraan kegiatan maupun ketatatusahaan.
Kata Kunci: Pengelolaan Kearsipan, Efisiensi Kerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pidie
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ridwan HR, 2011, Hukum Administrasi Negara (edisi revisi), Rajawali Pers, Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ridwan HR, 2011, Hukum Administrasi Negara (edisi revisi), Rajawali Pers
Kuswantoro, A (2017), Pengelolaan Arsip Dinamis Dalam Upaya Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kepepndidikan Pasca Sarjana UNNES, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sugiarto, A, & Teguh, W (2015), Manajemen Kearsipan Modern Dari Konvensional ke Basis Komputer, (Klitren Lor GK III/15 Yogyakarta: Gava
Media.
Arsip Nasional Republik Indonesia (2011), Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011, tentang Pedoman penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Perguruan Tinggi.
Nur, D & Sutarni, N, (2017) Penerapanan Sistem Kearsipan Elektronik Sebagai Determinan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.
Latifah, F & Pratama, A, W, (2015) Perancangan sistem informasi Manajemen arsip elektronik (e-arsip) berbasis Microsoft access pada PT. HI-Test, Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis.
Habiburrahman, (2015), Penggunaan Perangkat Lunak Dalam Pengelolaan Arsip Konvensional dan elektronik, Jurnal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dewi, I, C, (2011) Manajemen Kearsipan, Jakarta: PT Prestasi Pustakary
Djaelani, Aunu Rofiq. 2013. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian
Kualitatif. FPTK IKIP. Volume 20 (1): 83-84. Hajar, Siti. 2016. Studi Tentang Kearsipan
Dalam pelaksanaan Kegiatan Administrasi di Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Timur. eJournal Ilmu Pemerintahan. Volume 4 (3):
-1265.
Jumiyati, Emi. 2009. Pengelolaan Arsip di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir.
Jurnal Badan Tenaga Nuklir (BATAN).
Volume 2 (3): 60-61.
Rahmi, Hayatur, dkk. 2012. Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Studi Kualitatif di Badan kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Komusikasi. Volume 1 (1): 5-6
Zulfikar, Z., Rozaili, R., & Hansyar, R. M. (2022). Kebijakan dan Implementasi Administrasi Kependudukan di Indonesia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.