Analisis Kualitas Pelayanan Listrik Prabayar PT.PLN (Persero)

Mukhayyar Mukhayyar

Abstrak


Skripsi ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan Listrik Prabayar  PT.PLN Persero (Studi Kasus: Kota Sigli )”. Bedasarkan data observasi lapangan sebagaimana adanya dan tertuju pada pengaruh Kualitas pelayanan listrik prabayar yang dinilai dapat meningkatkan kepuasan konsumen PT. PLN (persero) Sigli dalam hal ini masyarakat kabupaten Pidie yang diterapkandari tahun 2019 sampai dengan tahun 2023, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan listrik prabayar dapat meningkatkan kepuasan konsumen PT. PLN (persero) Sigli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas dan juga prinsip-prinsip pelayanan, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu hasil penelitian dideskripsikan secara konkret sesuai dengan peristiwa yang terjadi pada objek penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan fakta-fakta bahwa ada beberapa prgoram yang telah ditawarkan dan telah dilaksanakan oleh perusahaan kelistrikan PT. PLN (Persero) kota Sigli dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen yaitu masyarakat. upaya-upaya tersebut adalah salah satunya dengan mengeluarkan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan sebagai wadah PLN untuk emnampung kritik dan saran dari masyarakat tentang kendala penggunaan listrik, aplikasi tersebut juga sebagai sarana perusahaan listrik memberikan informasi terkini mengenai situasi dan kondisi arus listrik di wilayah Kabupaten Pidie. Program lannya adalah dengan adanya kegiatan edukasi yang dijalankan oleh perusahaan listrik. Sosialisasi tersebut diarahkan kepada siswa sekolah menengah atas (SMA), program kegitan tersebut diberinama “PLN Goes To School”. Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut sebagai upaya pemahaman yang disampaikan kepada gen z tentang pentingnya pengetahuan arus listrik. Adapun kekurangan dari program yang dijalannya PLN, aplikasi yang diterbitkan tidak mampu menjangkau secara keseluruhan masyarakat di Kabupaten Pidie, masih banyak masyarakat yang tidak paham dan tidak mengetahui adanya aplikasi tersebut, serta manyoritas masyarakat pidie tidak terlalu paham dalam mengelola smartphone, sehingga hal ini menjadi kendala.

Kata Kunci: Pelayanan, Listrik Prabayar, PT. PLN (Persero) Kota Sigli



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamry, Muammar Salby. 2017.“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Undergraduate thesis, Surabaya Stiesia.

Fujianto, A. 2019. Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Pln Mobile Menggunakan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction) Berdasarkan Prospektif Pelanggan Pt.Pln (Persero) Up3 Jember.

Skripsi. Digital Repository Universitas Jember. Hardiansyah. 2017. Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik dalam Perspektif Riset Ilmu Administrasi Publik Kontemporer.Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Hermawan, Asep. Tanpa tahun 2010. Penelitian Bisnis-Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PTGrasindo. ISBN 979-759-542-0, 9789797595425.Hal 17.

Hidayati, I. R., & Susanti, N. 2018. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Elektronik, Dan Promosi Pada Aplikasi Pln Mobile Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Pln Distribusi Jawa Timur Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Manajemen (Jemi17), 3(November), 75–104.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik. Bandung: Sumber Sari Indah.

Kotler, Philip. 2002.Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta ; Salemba empat

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Mantra, Ida Bagus.2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Pustaka Pelajar. Hal 37-39

Suriadi, M., Rozaili, R., & Zulfikar, Z. (2020). One Integrated Service Quality Doors at Meureudu State Court. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3454-3465.

Rozaili, R., & Zulfikar, Z. (2020). Youth Perception of Legislative General Elections in Pidie Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1262-1269.

Zulfikar, Z., Rozaili, R., & Hansyar, R. M. (2022). Kebijakan dan Implementasi Administrasi Kependudukan di Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.