PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA

syahrul syahrul, Rosha Hayati

Abstrak

ABSTRACT

"This research was conducted to evaluate the effectiveness of the application of e-learning as a learning medium for students. The method used is a survey with a questionnaire given to students who take part in learning using e-learning. The results of the study show that e-learning is well received by students and can improve their learning outcomes. However, there are still some obstacles in the implementation of e-learning, such as limited internet access and lack of support from the faculty. The advice given in this study is that there needs to be more support from the faculty and the availability of good internet access to increase the effectiveness of the application of e-learning as a learning medium."

 

Keywords: E-Learning, Learning media, Students, Applications, Constraints.

 

ABSTRAK

"Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan e-learning sebagai media pembelajaran pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-learning. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa e-learning diterima dengan baik oleh mahasiswa dan dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi e-learning, seperti keterbatasan akses internet dan dukungan yang kurang dari fakultas. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah perlu adanya dukungan yang lebih dari fakultas dan tersedianya akses internet yang baik untuk meningkatkan efektivitas penerapan e-learning sebagai media pembelajaran."

 

Kata kunci: E-Learning, Media Pembelajaran, Mahasiswa, Penerapan, Kendala

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Utami, Y. P., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peranan E-Learning Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 44-49.

Mulyana, "Penerapan model pembelajaran berbasis e-learning dalam pembelajaran matematika," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 2, pp. 109-114, 2019.

Rosyid, "Implementasi e-learning dalam pembelajaran matematika di sekolah," Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 45-52, 2020.

Suyanto, "E-learning: Pengertian, manfaat, dan perkembangan teknologi," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 1-10, 2014.

R. Prasetyo, "Penerapan e-learning dalam pembelajaran di perguruan tinggi," Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 87-93, arning di perguruan tinggi2016.

Suhendra, "Kendala penerapan e-le," Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 23-30, 2017.

Ariyan, F. R., Rokhmawati, R. I., & Brata, K. C. (2019). Pengembangan Antarmuka Website E-Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Pemrograman Dasar Dalam Bahasa Pemrograman Java bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(10), 9920-9928.

IMRON, G. (2021). EKSPERIMENTASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Destiana, I. D., Rahayu, W. E., Mukminah, N., & Yudianto, O. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Agroindustri Politeknik Negeri Subang. Edufortech, 4(2).

Infirochah, F. (2022). Pengaruh Efektivitas E-Learning Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII MTsN 11 Jombang. Al Ta'dib: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(02), 78-93.

Jannah, R., & Salat, J. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI FINGERPRINT KARYAWAN PADA UNIVERSITAS JABAL GHAFUR BERBASIS ANDROID. Jurnal Sains Riset, 12(2), 444-452.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.