PENGARUH DISIPLIN DALAM LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARA TIGA KABUPATEN PIDIE
Abstract
Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Penelitian dengan judul “Pengaruh Disiplin Dalam Lingkungan Belajar Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Muara Tiga Kabupaten Pidie”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dalam lingkungan belajar sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Muara Tiga Kabupaten Pidie. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga. sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak sederhana (simpel rendom sampling). Tehnik pengumpulan dalam instrument pada penelitian ini akan menggunakan skala Likert, dalam menjawab skala likert ini, responden hanya memberi tanda cheklist, misalnya checklist atau tanda silang pada kemungkinan skala yang dipilihnya sesuai denga pertanyaan. Selanjutnya angket yang telah diisi responden perlu dilakukan penyetoran untuk pemberian skor pada skla likert kearah positif atau negatif, kemungkinan skor tersebut menjadi sebaliknya tergantung kepada arah pertanyaan yang diberikan. Berdasarkan perbandingan antara r hitung dengan r tabel pada tabel nilai-nilai product moment diperoleh hasil bahwa r hitung > dari r table baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 0,42>022 dan nilai thitung > ttabel yaitu 3.364>1,674. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) yang diajukan diterima, dengan demikian terlihat terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin dalam lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Muara Tiga. Artinya semakin baik kedisiplinan seorang siswa di sekolah maka semakin baik pula prestasi belajar yang diraih siswa. Sebaliknya semakin buruk kedisiplinan seorang siswa di sekolah maka akan semakin buruk pula prestasi belajar yang diraih siswa.
Kata Kunci : Disiplin dalam lingkungan Belajar di sekolah ,Prestasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Khalsa, Siri Nam S. 2007. Pengajaran Disiplin dan Harga Diri: Strategi, Anekdot, dan Pelajaran Efektif untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: Indeks.
Sardiman. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Suwarno & Saring. M. 2008. Psikologi Pendidikan. Surakarta: BP FKIP UMS.
Muhibbin, Syah. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.
Tirtonegoro. 2011. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina aksara.
Tu?u, Tulus. 2014. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Widyastuti. 2008. Teori Belajar Brunner dan Djenes. Jakarta: Salemba.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.